BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Bakal Terjadi di Pantai Selatan Jabar

Wisatawan berlibur saat Nataru 2023 diminta berhati-hati

Bandung, IDN Times - BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Bandung memprediksi akan ada gelombang dengan kondisi tinggi terjadi pada awal libur Nataru 2023 sampai awal tahun baru. Prediksi gelombang tinggi ini bisa mencapai 4 meter.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, dengan adanya prediksi ini masyarakat yang hendak berwisata harus memperhitungkan semua potensi kebencanaan.

"Untuk tempat wisata pantai di wilayah selatan Jawa Barat, diimbau agar masyarakat berhati-hati karena diprediksi gelombang laut ketinggian mencapai 4 meter," kata Rahayu, Rabu (28/12/2022).

1. Wilayah Bodebek akan diguyur hujan lebat

BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Bakal Terjadi di Pantai Selatan JabarIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Di wilayah Jabar sendiri banyak titik objek wisata yang akan berpotensi dikunjungi masyarakat. Menurutnya, potensi hujan lebat juga akan terjadi selama awal libur Nataru 2023 hingga akhir di wilayah Bodebek.

"Untuk kawasan wisata wilayah Bodebek, masyarakat diimbau berhati-hati pada tanggal 29-31 Desember 2022, karena wilayah tersebut diprediksi mengalami hujan sedang hingga lebat," ucapnya.

2. Bandung Raya berawan dan hujan ringan

BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Bakal Terjadi di Pantai Selatan JabarIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Selain itu, Rahayu juga memprediksi bahwa wilayah Bandung Raya berpotensi hujan, tidak sama seperti wilayah Bodebek. Namun, masyarakat yang hendak berlibur ke Kota Bandung harus tetap berhati-hati dan selalu mengecek prakiraan cuaca.

"Kondisi cuaca di wilayah Bandung Raya diprediksi akan berawan hingga hujan ringan dari pagi hingga sore pada periode tgl 29 - 31 Desember 2022. Dan ada peluang turun hujan pada dini hari hingga menjelang pagi hari," jelasnya.

3. Hujan dengan intensitas sedang bakal ada di wilayah pesisir utara

BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Bakal Terjadi di Pantai Selatan JabarIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Wilayah di Jabar lainnya yang diprediksi akan ada hujan dengan intensitas sedang ialah pesisir utara Jabar. Potensi hujan yang akan turun di wilayah ini sama dengan prakiraan di daerah Jabodetabek.

"Wilayah pesisir utara Jawa Barat diprediksi akan terjadi hujan sedang hingga lebat pada tgl 29 - 31 Desember 2022. Hal ini serupa dengan kondisi cuaca di wilayah Jabodetabek," katanya.

4. Masyarakat diminta tidak panik dengan prediksi ini

BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Bakal Terjadi di Pantai Selatan JabarIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Dengan adanya semua prediksi ini, BMKG Bandung mengimbau agar masyarakat yang hendak berwisata saat Libur Nataru 2023 tetap bisa meningkatkan kewaspadaan, dan tidak mudah menerima informasi yang belum jelas sumbernya.

"Masyarakat diharap tenang dan tidak panik, dan yg terpenting tidak termakan berita-berita hoax. Tingkatkan kewaspadaan terhadap peningkatan potensi bencana hidrometeorologi, dan selalu ikuti rambu-rambu serta saran keselamatan yang ada," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Minta BMKG Petakan Daerah Bencana 2023

Baca Juga: Cuaca Ekstrem 28-30 Desember, BMKG: Waspada!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya