Comscore Tracker

Bio Farma Sudah Suntik 1.620 Relawan Vaksin Sinovac

Jumlah itu sesuai target yang direncanakan

Bandung, IDN Times - Percobaan penerapan Vaksin Sinovac virus corona (COVID-19) fase tiga terus berjalan. Hingga saat ini, tim peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) dan PT. Bio Farma telah memberikan suntikan imunitas itu pada 1.620 relawan.

Ribuan relawan ini selesai disuntik sesuai dengan waktu yang sebelumnya direncanakan. Di samping itu, pemerintah Indonesia juga sudah menetapkan 170 juta jiwa, atau sekitar 60 persen dari jumlah penduduk untuk disuntik vaksin selama kurun waktu satu tahun ke depan.

1. PT Bio Farma juga tengah siapkan program vaksin lanjutan

Bio Farma Sudah Suntik 1.620 Relawan Vaksin Sinovacradar cirebon

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, selain telah menyelesaikan penyuntikan pada 1.620 relawan, saat ini PT Bio Farma juga tengah menyiapkan program pemerintahan tentang penyuntikan vaksin pada beberapa waktu yang akan datang.

Dengan langkah itu, ia berharap seluruh stakeholder bisa mendukung penuh program pemerintah agar semua berjalan sesuai dengan waktu yang tepat.

"Nantinya masyarakat yakin bahwa vaksin COVID-19 yang akan diberikan kepada masyarakat sudah sesuai dengan peraturan dari Badan POM," ujar Honesti berdasarkan keterangan resmi yang diterima IDN Times, Minggu (18/10/2020).

2. Badan POM apresiasi rencana suntik vaksin yang terealisasi

Bio Farma Sudah Suntik 1.620 Relawan Vaksin SinovacFreepik.com/fukume

Selain itu, Direktur Registrasi Obat Badan POM, Riska Andalusia memberikan apresiasi pada tim peneliti uji klinis fase tiga dan tim Bio Farma yang sudah melakukan uji klinis sesuai dengan rencana dan timeline yang ketat.

"Kami berupaya untuk melakukan pendampingan. Pada hari ini kami berharap juga agar kegiatan uji klinis fase tiga ini dilaksanakan sesuai dengan prinsip cara uji klinis," ungkapnya.

3. Hasil uji vaksin akan digabungkan dengan negara lain

Bio Farma Sudah Suntik 1.620 Relawan Vaksin Sinovac(Simulasi uji klinis vaksin sinovac COVID-19 di RSUP Unpad, Kota Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Hingga detik ini belum ada laporan berarti dari uji klinis Vaksin Sinovac pada relawan. Adapun hasil uji klinis nantinya akan menjadi data pendukung bagi Badan POM saat mengeluarkan Emergency Use Authorization (EUA) untuk vaksin COVID-19 yang akan diajukan oleh Bio Farma pada saat uji klinis fase tiga sudah berakhir.

"Nantinya, hasil dari uji klinis fase tiga yang ada di Bandung ini akan digabungkan dengan hasil uji klinis fase tiga yang ada di negara lain seperti Brasil, Chili, Turki dan Bangladesh," ucapnya.

4. Badan POM akan terus terlibat pada uji klinis Vaksin Sinovac

Bio Farma Sudah Suntik 1.620 Relawan Vaksin Sinovac(Simulasi uji klinis vaksin sinovac COVID-19 di RSUP Unpad, Kota Bandung) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Kemudian, Riska menjelaskan, setelah selesai pengujian fase tiga, Indonesia melalui PT Bio Farma akan langsung melakukan produksi untuk disebarkan ke beberapa daerah lain di Indonesia. Namun, sebelum itu terjadi, Bio Farma harus dapat memenuhi aspek mutu dan kualitas di bawah pengawasan Badan POM.

"Tiga aspek tadi: khasiat, keamanan, dan mutu, harus dipenuhi oleh Bio Farma. Itu syarat pendaftar vaksin COVID-19 untuk mendapat nilai layak atau tidak oleh Badan POM sebelum akhirnya diproduksi hingga didistribusi," kata dia.

Baca Juga: Pengujian Vaksin Sinovac Tetap Berlanjut saat Vaksin AstraZeneca Terhenti

Baca Juga: Vaksin Merah Putih vs Vaksin Sinovac, Apa Bedanya?

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya