BIJB Kertajati Harus Bisa Terbangkan Jemaah Umrah Bulan Depan

Penerbangan jemaah umrah sudah berdasarkan amanat presiden

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) meminta agar Pemprov Jabar bisa memaksimalkan Bandara Internasional Jabar (BIJB) Kertajati untuk menerbangkan jemaah umrah per bulan depan.

Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra, DPRD Jabar, Daddy Rohanady mengatakan, penerbangan untuk jemaah umrah harus bisa melalui BIJB Kertajati. Menurutnya, hal ini sesuai dengan amanat presiden.

"Presiden sudah mengamanatkan, seharusnya sudah bisa diberangkatkan untuk jemaah umrah," ujar Daddy di Gedung DPRD Jabar, Senin (31/10/2022).

1. Dewan belum dapat kabar rencana penerbangan jemaah umrah

BIJB Kertajati Harus Bisa Terbangkan Jemaah Umrah Bulan DepanGedung Terminal Bandara Kertajati. (IDN Times/Hardiansyah)

Daddy sendiri belum mengetahui secara pasti kabar terbaru apakah BIJB Kertajati bisa digunakan untuk pemberangkatan jemaah umrah bulan depan. Hanya saja, dia mendorong agar rencana ini bisa terealisasi.

"Sampai sekarang belum ada kabar lagi, BIJB Kertajati itu harusnya tidak cuma buat umrah. Buat pemberangkatan haji juga mampu," katanya.

2. Sekda sebut BIJB Kertajati bisa berangkat bulan ini

BIJB Kertajati Harus Bisa Terbangkan Jemaah Umrah Bulan DepanSekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, BIJB Kertajati bakal memberangkatkan 40 ribu jemaah umrah pada November 2022. Rencana ini sejalan dengan proses pembangunan yang kini sudah mendekati maksimal.

Selain itu, pembangunan infrastruktur penunjang BIJB Kertajati juga terus berproses. Seperti, pembangunan jalan tol Jalan Tol Cileunyi-Sumedang–Dawuan yang kini terus membaik.

"Jalan Tol di Dawuan mudah-mudahan selesai di akhir tahun ini. Jadi kalau jalan tol selesai di akhir tahun ini, dan yang sudah tercatat umroh di Jawa Barat ini sekitar 40 ribu. Saya rasa Kertajati akan tumbuh dan berkembang dengan baik," ujar Setiawan, Senin (26/9/2022).

3. BIJB Kertajati nantinya tidak hanya berangkatkan jemaah umrah

BIJB Kertajati Harus Bisa Terbangkan Jemaah Umrah Bulan DepanSekda Jabar Setiawan Dok. Humas Jabar

Setiawan menjelaskan, selain untuk memberangkatkan jemaah umrah. BIJB Kertajati juga akan kembali melayani penerbangan domestik seperti sebelum-sebelumnya.

"Pokoknya maskapai Garuda itu kurang lebih seminggu sekali. Lion Air sehari dua kali. Kurang lebih sekian," ucapnya.

Kemudian, sejumlah pesawat yang tadinya hanya mendarat di Bandara Husein Sastranegara akan turut dipindahkan ke BIJB Kertajati. Dia berharap, Bandara Kertajati bisa kembali beroperasi dengan maksimal.

"Karena saat ini kita sudah mengirimkan surat juga Menteri Perhubungan bahwa untuk pesawat-pesawat jet dan propeler yang tadinya mendarat di Husein itu, dikembalikan ke Kertajati," katanya.

4. Kemenag Jabar sebut ada kendala soal harga Avtur

BIJB Kertajati Harus Bisa Terbangkan Jemaah Umrah Bulan DepanTruk Pertamina melakukan pengisian avtur ke pesawat. Dok. PT Pertamina (Persero)

Meski begitu, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jabar, Boy Harinovian mengatakan, rencana penerbangan jemaah umrah pada awal November 2022 melalui BIJB Kertajati masih mengambang. Sejumlah kendala teknik turut ditemukan di lapangan, salah satunya soal harga Avtur.

"Belum (belum ada jadwal pasti) insya allah pertengahan sekitar 11-15 November itu jadwal awal. BIJB Kertajati bilang sudah siap untuk November ini pemberangkatan dari Kertajati," ujar Boy saat dihubungi, Kamis (20/10/2022).

Boy menjelaskan, ada beberapa pembahasan yang kini masih didiskusikan. Salah satunya, soal harga bahan bakar pesawat atau Avtur yang beda dengan bandara lain.

"Harga Atur lebih mahal dibandingkan di Cengkareng, begitu pun bagasi kita, mintanya seperti di Cengkareng. Saat ini lewat Pak Gubernur meminta kepada Pertamina untuk menyamakan Avtur seperti di Cengkareng," kata dia.

Baca Juga: Lama Nganggur, DPRD Jabar Usul Bandara BIJB Kertajati Jadi RS COVID-19

Baca Juga: DPP Golkar Jabar Minta Kasus Viral Wakil Ketua DPRD Depok Dibawa ke MKD

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya