Bey Triadi Jadi Pj Gubernur Jabar, Punya Harta Capai Rp9 M

Harta kekayaan Bey meningkat selama lima tahun terakhir

Bandung, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi memilih Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Setpres, Bey Triadi Machmudin sebagai Penjabat atau Pj Gubernur Jawa Barat menggantikan Ridwan Kamil. Bey akan bertugas di Gedung Sate per 5 September 2023.

Bey Triadi sendiri kini ini belum resmi duduk sebagai Pj Gubernur Jawa Barat. Dia masih bertugas sebagai pegawai di Kementerian Sekertariat Negara. Keputusan presiden ini disampaikan oleh oleh Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin.

"Iya, Pak Bey (Pj Gubernur Jawa Barat)," ujar Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), kemarin diputuskan, Presiden memimpin langsung," ujar Ali Mochtar, Jumat (31/8/2023).

Sosok Bey Triadi merupakan pejabat di ring satu Presiden Jokowi. Dia juga satu almamater dengan Ridwan Kamil yaitu ITB. Bey diusulkan oleh DPRD Jawa Barat bersama dua nama lainnya yaitu; Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Prof. Asep N Mulyana, serta Guru Besar Bidang Farmakologi dan Farmasi Klinik Unpad, Prof. Keri Lestari.

1. Bey punya uutang Rp1 miliar

Bey Triadi Jadi Pj Gubernur Jabar, Punya Harta Capai Rp9 MDokumen Biro Pers Istana

Selama menjabat sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Setpres gebrakan Bey jarang muncul di media massa. Namun harta kekayaan Bey juga tergolong naik saat menduduki jabatan ini. Berdasarkan laporan LHKPN KPK di 2022, harta kekayaan Bey mencapai Rp9,4 miliar.

Bey memiliki tanah dan bangunan senilai Rp5,6 miliar yang tersebar di Kota Bogor, Tangerang Selatan, hingga Kota Bandung. Untuk alat transportasi dan mesin, nilai aset Bey mencapai Rp563 juta, dan harta bergerak lainnya mencapai Rp135 juta. Kemudian untuk harta dalam bentuk kas dan setara kas mencapai Rp4,2 miliar.

Kekayaan Bey paling tinggi ada di harta lainnya, di mana angkanya mencapai R10,5 miliar, meski dia memiliki utang sebesar Rp1 miliar.

2. Kenaikan harta kekayaan Bey tergolong drastis

Bey Triadi Jadi Pj Gubernur Jabar, Punya Harta Capai Rp9 Milustrasi harta kekayaan (IDN Times/Aditya Pratama)

Kekayaan Bey mengalami peningkatan selama lima tahun ke belakang. Pada 2018 Bey hanya memiliki harta kekayaan Rp2,4 miliar, kemudian pada 2019 harta kekayaannya mencapai Rp3,1 miliar.

Selanjutnya di 2020 harta Bey semakin meningkat hingga Rp4,6 miliar. Pada 2021 Bey memiliki harta kekayaan Rp4 miliar, dan terakhir pada 2022 harta kekayaannya meningkat drastis menjadi Rp9,4 miliar.

Pada 2018 Bey hanya memiliki tanah dan bangunan senilai Rp1,6 miliar. Nominal kendaraan juga hanya Rp250 juta, dan harta bergerak lainnya senilai Rp41 juta. Sementara Kas dan setara kas mencapai Rp604 juta, dengan harta lainnya mencapai Rp2,5 miliar.

3. Ridwan Kamil punya dua tugas untuk Bey

Bey Triadi Jadi Pj Gubernur Jabar, Punya Harta Capai Rp9 MGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Bey kini telah dipilih sebagai Pj Gubernur Jawa Barat. Dia akan memimpin Pemprov Jabar setahun ke depan, hingga terpilihnya gubernur definitif dari Pilgub Jabar 2024. Ridwan Kamil juga memberikan dua pekerjaan rumah atau PR pada Bey, antara lain terkait infrastruktur jalan dan transportasi publik.

"Ada PR, penguatan publik transportasi, titip pengaspalan jalan yang sudah kami anggaran semaksimal mungkin, sehingga akhir tahun depan infrastruktur harusnya lebih baik," ujar Emil, dikutip Sabtu (2/8/2023).

Baca Juga: Bey Machmudin Jadi Pj Gubernur Jabar Gantikan Ridwan Kamil

Baca Juga: Jadi Pj Gubernur Jabar, DPRD Belum Dapat Surat Resmi Bey Machmudin

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya