Bey: Sekda Jabar Definitif Berpotensi Dilantik Sebelum/Sesudah Pemilu

Jabatan Pj Sekda Jabar diperpanjang sebagai Plh

Bandung, IDN Times - Penetapan Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat definitif masih belum diputuskan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Pemprov Jawa Barat masih belum mendapatkan keputusan pasti siapa yang akan dipilih presiden.

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Triadi Machmudin mengatakan, penentuan sekda saat ini masih di Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai oleh Presiden Joko Widodo. Sehingga dirinya belum bisa berkomentar banyak.

"Belum tahu, kan presiden (yang memutuskan)," kata Bey, di Gedung Sate, Bandung, dikutip Rabu (31/1/2024).

1. Pj Sekda akan akan dilantik jadi Plh

Bey: Sekda Jabar Definitif Berpotensi Dilantik Sebelum/Sesudah Pemilu(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dengan kondisi yang belum ada keputusan dari presiden, Bey memastikan, Asisten Daerah bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar Taufiq BS kembali diperpanjang sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Jabar. Waktunya perpanjangan, disebutkannya hingga keluar orang pilihan presiden.

"Diperpanjang, sesuai aturan masih memungkinkan," ucapnya.

2. Pelantikan berpotensi sebelum atau sesudah Pemilu 2024

Bey: Sekda Jabar Definitif Berpotensi Dilantik Sebelum/Sesudah Pemilu(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey mengaku belum mengetahui dari 3 nama yang diusulkan yakni Herman Suherman (Sekda Sumedang), Taufiq BS (Asda Ekbang Setda Jabar) dan Dani Ramdan (Kepala BPBD Jabar) siapa yang terpilih.

Menurutnya tidak menutup kemungkinan nama yang akan menduduki posisi eselon I di Pemprov Jabar tersebut akan ditetapkan sebelum atau sesudah Pemilu 2024. "Bisa sebelum atau sesudah itu kewenangan pusat," kata dia.

3. Tiga nama diserahkan ke pemerintah pusat

Bey: Sekda Jabar Definitif Berpotensi Dilantik Sebelum/Sesudah PemiluJabarprov.go.id

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat, Dani Ramdan, Sekda Kabupaten Sumedang, Herman Suryatman, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Mohammad Taufiq Budi Santoso, dinyatakan lolos dalam seleksi terbuka calon sekda definitif.

Tiga nama yang lolos ini tertulis dalam surat keputusan bernomor: 821.1/022/PanselSekda/2023 yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Seleksi Erry R. Hardjapamekas di Bandung pada 26 Desember 2023.

"Dengan ini kami mengumumkan tiga peserta terbaik untuk kemudian diajukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian," begitu keterangan dari surat tersebut.

Sekretariat Panitia Seleksi, Hermin Wijaya mengatakan, tiga nama itu merupakan peserta yang dinyatakan lulus pada tahapan penilaian kompetensi, tes kesehatan, dan wawancara yang dilaksanakan pada 11 hingga 20 Desember 2023.

"Diambil tiga besar, nanti diproses selanjutnya ke pusat," kata Hermin.

Baca Juga: Pembangunan Sekolah Baru di 144 Kecamatan se-Jabar Masuk Tahap Kajian

Baca Juga: Anggota DPRD Jabar Kritik Program Food Estate ala Sumedang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya