Bey: Pembebasan Lahan Proyek BIUTR Ditanggung Pemerintah Pusat

Pemprov Jabar terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat

Bandung, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin memastikan pembebasan lahan proyek Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) resmi ditanggung pemerintah pusat. Alasannya BIUTR masuk proyek strategis nasional (PSN) bersama jalan akses Pelabuhan Patimban.

"Sudah masuk PSN, artinya ada fasilitas seperti pembebasan lahan itu menjadi kewenangan dari pusat. Kan selalu kendala itu pembebasan lahan, dengan masuk PSN itu nanti diselesaikan pemerintah pusat," ujar Bey, Kamis (28/3/2024).

1. Pemprov Jabar siap gelar sosialisasi pada masyarakat

Bey: Pembebasan Lahan Proyek BIUTR Ditanggung Pemerintah PusatPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dengan status masuk PSN, Bey berharap proyek BIUTR ini segera bisa mulai berjalan tahun ini. Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan melakukan koordinasi lebih intens dengan pihak terkait untuk mengebut pembangunan.

"Kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian juga Kementerian PU, untuk hal apa yang bisa kami siapkan agar supaya lebih cepat lagi pelaksanaannya dan sosialisasi kepada masyarakat," ungkapnya.

2. Titik awal BIUTR masih belum jelas

Bey: Pembebasan Lahan Proyek BIUTR Ditanggung Pemerintah PusatPenjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Menurut Bey, koordinasi dengan pemerintah pusat juga penting untuk mengetahui progres rute mana saja yang akan dibangun dalam program BIUTR. Dia sendiri belum bisa memastikan titik awal pembangunan tol dalam kota ini akan dimulai dari mana.

"Koordinasi agar menjadi lebih jelas, rute mana, karena masyarakat banyak tanya juga, ke mana rutenya kemana segala macam," ucapnya.

3. Berharap pemerintah pusat berikan bantuan kendaraan umum di Jabar

Bey: Pembebasan Lahan Proyek BIUTR Ditanggung Pemerintah PusatPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Lebih lanjut, Bey mengharapkan, pemerintah pusat nantinya tidak hanya memberikan BIUTR semata untuk mengurangi kemacetan di dalam Kota Bandung. Menurutnya, beberapa program lainnya terutama transportasi umum juga harus diberikan.

"Kami harap juga ada pendukung lainnya, tidak hanya tol. Ini untuk transportasi umum Bandung Raya. Tol itu salah satu dari solusi transportasi massal di Bandung Raya," katanya.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melanjutkan pembanguna BIUTR. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, PUPR membantu percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur di Jawa Barat termasuk salah satunya di Kota Bandung. 

"Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road," katanya.

PUPR akan memulai proses untukmembantu percepatan pembangunan tol yang sudah mangkrak hampir 17 tahun tersebut dengan skema KPBU.

"Jadi akan kami lelangkan segera, kami meneruskan untuk mengatasi kemacetan di Bandung," ujarnya.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024, Pemprov Jabar Siagakan 503 Fasilitas Kesehatan

Baca Juga: Diterpa Banjir Longsor, Jabar Belum Terapkan Status Darurat Bencana

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya