Bey Minta Daerah Petakan Rumah Warga Rawan Terdampak Gempa 

Bupati wali kota juga diminta perhatian peta rawan gempa

Bandung, IDN Times - Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat meminta bupayi dan wali Kota untuk mengecek struktur rumah warga yang rawan terdampak gempa. Hal itu dilakukan guna meminimalisir banyaknya rumah warga yang terdampak saat gempa bumi.

Bey mengatakan, bupati dan wali kota di Jawa Barat harus mulai melakukan mitigasi kebencanaan dengan mengecek struktur bangunan rumah warga yang rawan terdampak gempa bumi, serta berada di zona rawan.

"Mitigasi bencana, pertama ada peta waktu itu di Badan Geologi. Petanya sudah disusun, ada yang merah segala macam," ujar Bey, Kamis (4/1/2024).

1. Warga diimbau untuk tetap waspada

Bey Minta Daerah Petakan Rumah Warga Rawan Terdampak Gempa Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Beberapa wilayah di Jawa Barat selama beberapa waktu kemarin sudah diguncang bencana gempa bumi dengan kekuatan ringan dan sedang. Dengan kondisi itu, Bey mengimbau agar masyarakat tetap waspada.

"Artinya kita yang tinggal di Jawa Barat harus waspada, tidak perlu panik dan juga struktur bangunan harus menyesuaikan dengan kondisi di Jabar," ucapnya.

2. Warga Jabar hidup beriringan dengan gempa bumi

Bey Minta Daerah Petakan Rumah Warga Rawan Terdampak Gempa IDN Times/Debbie Sutrisno

Bey menambahkan, warga yang hendak membangun rumah juga harus memperhitungkan aspek keamanan dari gempa bumi. Sebab, kata dia, Jawa Barat akan berdampingan dengan peristiwa gempa bumi.

"Jadi intinya memang itu kenyataan kita yang harus hadapi dan kita harus hidup dengan normal, tetap waspada tidak perlu panik," katanya.

3. Gempa Sumedang akibatkan 1.136 bangunan rusak berat dan ringan

Bey Minta Daerah Petakan Rumah Warga Rawan Terdampak Gempa Debbie Sutrisno/IDN Times

Peristiwa gempa bumi terjadi di Kabupaten Sumedang sejak 31 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Dari kejadian itu ada 1.136 bangunan rusak berat dan ringan. Bey memastikan data itu masih melalui tahap verifikasi.

"Hari ini dari update aplikasi tapi ini belum diverifikasi ya, jumlah kerusakan rumah total 1.136. Ada 876 rusak ringan, 136 rusak sedang, dan 124 rusak berat," ujar Bey ketika meninjau ke RSUD Sumedang pada Rabu (3/1/2024).

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4,5 Kembali Guncang Sumedang

Baca Juga: Gempa Sumedang: Bey Minta Pasien RSUD Sumedang Dirawat di Tenda

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya