Bey Machmudin: Solihin GP Meninggal Dunia karena Sakit

Solihin GP meninggal di Rumah Sakit Advent Bandung

Bandung, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Barat periode 1970-1975 Letnan Jenderal TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara alias Solihin GP meninggal dunia di Rumah Sakit Advent, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024).

Tokoh Jawa Barat ini meninggal dalam kondisi sakit. Hal itu disampaikan oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin saat melakukan takziah ke kediaman almarhum di Jalan Cisitu Indah VI No. 1 Dago, Kota Bandung.

"Sakit yah, tapi detailnya bisa ditanyakan ke pihak keluarga almarhum," kata Bey.

Sampai saat ini pihak keluarga masih belum bisa memberikan keterangan lantaran tengah mengurusi prosesi pemakaman. Jenazah mendiang sendiri rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra Bandung pada pukul 13.30 WIB.

Bagi warga yang ingin mengampaikan duka juga bisa memberikan penghormatan di Markas Kodam III/Siliwangi Jalan Sumbawa pada pukul 09.30-12.30 WIB.

Sebagai informasi, Almarhum Letnan Jenderal TNI (Purn.) Solihin Gautama Purwanegara lahir 21 Juli 1926. Ia adalah mantan perwira Tentara Nasional Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dari 1970 sampai 1975.

Dia mengawali karier militer ketika masa revolusi sebagai Komandan Tentara Keamanan Rakyat Kabupaten Bogor, kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi. Salah satu kiprahnya yang mencuat, yakni ketika ia mengatasi krisis pangan di Indramayu dengan memasyarakatkan padi yang disebut dengan gogo rancah.

Dia juga dikenal sebagai sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS). Mang Ihin juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persib Bandung.

Baca Juga: Bey Kenang Pesan Solihin GP ke Presiden Jokowi Sebelum Meninggal

Baca Juga: Mantan Gubernur Jabar Solihin GP Meninggal Dunia, Bey Sampaikan Duka

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya