Bey Machmudin: Proyek Tol Dalam Kota Bandung Dilanjutkan Tahun Ini

Pemprov Jabar telah bertemu dengan Kementerian PUPR

Bandung, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin memastikan, rencana tol dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) akan dilanjutkan. Program yang sudah direncanakan sejak lama itu, kini akan mulai dibangun.

Keputusan kelanjutan BIUTR ini diumumkan Bey Triadi Machmudin setelah bertemu dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pj Sekda Jabar Taufiq BS, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jabar, Bambang Tirtoyuliono, Rabu (23/2/2024).

"Responnya sangat baik, ada beberapa rencana yang akan dilakukan pada tahun ini termasuk BIUTR. Detailnya akan disampaikan Pak Menteri PUPR," ujar Bey melalui pesan singkat.

1. Proses lelang akan dilakukan segera

Bey Machmudin: Proyek Tol Dalam Kota Bandung Dilanjutkan Tahun Ini(Istimewa)

Sedangkan, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan membantu percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur di Jawa Barat termasuk salah satunya tol dalam Kota Bandung.

Dia mengungkapkan, Kementerian PUPR akan turut memulai proses percepatan pembangunan tol yang sudah mangkrak hampir 17 tahun itu dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road. Jadi akan kita lelangkan segera, kita meneruskan untuk mengatasi kemacetan di Bandung," katanya.

2. Kementerian PUPR juga komitmen akan bantu empat proyek lainnya di Jabar

Bey Machmudin: Proyek Tol Dalam Kota Bandung Dilanjutkan Tahun Ini(Istimewa)

Selain soal BIUTR, pertemuan tersebut juga menghasilkan 4 kesepakatan PUPR dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yaitu; peningkatan jalan tambang di Parung Panjang, Bogor. Kemudian, Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas), Inpres Jalan Daerah, dan inpres air minum dan pengelolaan air limbah.

Untuk jalan tambang Parung Panjang, Basuki mengatakan, dirinya kini tengah menunggu skema yang tengah disusun oleh Pemprov terkait pembangunan jalan khusus tersebut.

3. Tol Cigatas juga akan dilanjutkan

Bey Machmudin: Proyek Tol Dalam Kota Bandung Dilanjutkan Tahun IniIDN Times/Dwi Agustiar

Untuk Jalan Tol Cigatas, pihaknya menargetkan pemenang lelang akan diketahui pada Juli mendatang agar proses pembangunan jalan tol bisa segera dilaksanakan. Adapun kini Kementerian PUPR tengah melakukan adendum kualifikasi dan penambahan desain jalan tol terpanjang itu.

"Sehabis itu, setelah lebaran, April pertengahan akan dilelang. Kalau lelang itu dua bulan berarti Mei-Juni, Juli bisa ada pemenangnya. Dengan pemenangnya akan segera kita laksanakan konstruksinya," kata Basuki.

Baca Juga: MUI Jabar Minta Kemenag Kaji Lagi Wacana Pernikahan Semua Agama di KUA

Baca Juga: Bey Minta Kejati Jabar Ungkap Tuntas Korupsi BUMD BPR Intan Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya