Bey: Korban Meninggal Kecelakaan di KM 58 Tol Japek Ada 12 Orang

Korban akan diberikan santunan dan bantuan

Bandung, IDN Times - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin memantau langsung korban kecelakaan maut di KM 58, Tol Jakarta - Cikampek (Japek) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, Senin (8/4/2024).

Bey mengatakan, berdasarkan laporan terbaru yang didapatkannya total korban dari peristiwa maut ini ada 12 orang. Korban paling banyak berjenis kelamin laki-laki. Adapun dari peristiwa ini ada juga beberapa yang mengalami luka-luka.

"Kami menyampaikan duka, ini ada 12 korban 7 laki-laki dan lima perempuan indentitas lengkap sedang dilakukan pencarian oleh Tim DVI," ujar Bey pada awak media.

1. Korban meninggal dapat santunan Rp50 juta

Bey: Korban Meninggal Kecelakaan di KM 58 Tol Japek Ada 12 Orang(Istimewa)

Korban yang meninggal sendiri nantinya akan mendapatkan bantuan uang dari Jasa Raharja. Bantuan ini juga berlaku pada korban yang mengalami luka-luka dari peristiwa maut ini. Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga akan memberikan bantuan.

"Mereka yang meninggal dapat santunan dari Jasa Raharja Rp50 juta setiap orangnya, dan luka-luka dapat Rp20 juta setiap orangnya nanti setelah diidentifikasi pemerintah provinsi akan memberikan bantuan mobil jenazah dianter ke masing-masing," katanya.

2. Alamat lengkap para korban masih belum diketahui

Bey: Korban Meninggal Kecelakaan di KM 58 Tol Japek Ada 12 Orang(Istimewa)

Bey masih belum mengetahui alamat jelas dari para pasien. Dia memastikan masih menunggu kabar dari pihak kepolisian. Namun jika ada korban yang merupakan warga Jawa Barat dikatakannya akan mendapatkan santunan dari Pemprov Jabar.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, dari 12 korban ada satu orang yang beridentitas dari Kabupaten Ciamis.

"Alamat masih belum diketahui nanti dari pihak kepolisian. Nanti setelah ada proses (identifikasi) kami akan berikan santunan pada mereka yang meninggal dunia," jelasnya.

3. Selain meninggal ada juga korban luka

Bey: Korban Meninggal Kecelakaan di KM 58 Tol Japek Ada 12 OrangKecelakaan di jalur kontraflow KM 58 Jakarta-Cikampek pada Senin (8/4/2024). (instagram.com/infojawabarat)

Adapun untuk korban yang mengalami luka berat ada sebanyak dua orang. Korban dikatakan Bey sudah diberikan penanganan di Rumah Sakit Rosela. Untuk proses pembiayaan dipastikannya sudah ditanggung pemerintah.

"Jadi yang dua luka berat di rumah sakit rosela yang ringan sudah pulang itu juga kami tanggung biayanya," kata dia.

Sebelumnya, Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang memastikan telah menerima 13 kantong jenazah berisi korban kecelakaan lalu lintas di kilometer 58 Tol Japek, Senin (8/4/2024).

"Ada 13 kantong jenazah (sementara) yang masuk ke RSUD Karawang," ucap Humas RSUD Karawang Abdullah Lutfi saat dikonfirmasi, Senin (8/4/2024).

Latif mengatakan, dirinya bersama aparat kepolisian masih melakukan identifikasi. Sehingga identitas nama-nama korban masih belum diketahui. "13 jenazah itu korban kecelakaan di Tol Cikampek," kata dia.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Jules Abraham mengatakan, berdasarkan data yang diterima pihak, kepolisian ada sebanyak sembilan orang yang meninggal dan luka-luka.

"Data sementara ini sembilan korban tewas dan dua luka berat. Semua korban dibawa ke RSUD Karawang. Untuk identitas masih kita datakan dan identifikasi," ujar Jules Abraham Abast, Senin (8/4/2024).

Kejadian ini bermula saat kendaraan jenis minibus Grandmax mengalami masalah saat berada di jalur contraflow arah Cikampek, Kemudian mobil tersebut berupaya untuk menepi di bahu jalan kanan di jalur B yang mengarah ke Jakarta.

Saat itu, datang bus dari arah Cikampek dan tidak bisa menghindar, sehingga menabrak dan seketika langsug terbakar. Selanjutnya juga ada satu Terios yang mengalami dampak dan menabrak bus dan juga ikut terbakar.

Jules memastikan, saat ini arus kendaraan si lokasi kejadian sudah bisa dilalui. Masyarakat yang hendak melintas diimbau untuk tetap berhati-hati saat berkendara dalam momen mudik 2024.

"Alhamdullah arus lalu lintas sudah dibuka kembali pasca kejadian laka lantas. Serta Contra Flow sudah dilakukan dari KM 47 s/d KM 70," kata Jules.

Baca Juga: Ada Kecelakan di Tol Japek, Menhub: Contraflow Tetap Kita Lanjutkan

Baca Juga: Kecelakaan KM 58 Tol Japek, RSUD Karawang Terima 13 Jenazah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya