Bey Ajak ASN dan Warga Jabar Segera Bayar Zakat Lewat Baznas

Potensi zakat dari ASN Provinsi Jawa Barat sangat besar

Bandung, IDN Times - Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin menunaikan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat (Jabar) di Gedung Sate, Selasa (26/3/2024). Dalam momentum ini, dia turut mengajak masyarakat membayar zakat.

"Selagi bulan Ramadan saya mengajak warga Jabar untuk menyerahkan zakat, baik itu zakat maal atau fitrah sesegera mungkin, agar saudara yang membutuhkan dapat menerimanya," kata Bey usai membayar zakat.

1. Berharap ASN segera membayar zakat lewat Baznas

Bey Ajak ASN dan Warga Jabar Segera Bayar Zakat Lewat Baznas(Istimewa)

Menurutnya, potensi zakat di Jawa Barat khususnya dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) tergolong besar. Sehingga, dia meminta agar para ASN segera membayarkan zakatnya melalui Baznas Jawa Barat.

"Potensi zakat ASN Jabar, tentu harapannya tinggi," jelasnya. 

Selain itu, Bey mengapresiasi kinerja Baznas Jawa Barat yang telah mampu meningkatkan capaian pengelolaan zakat dari tahun ke tahun. Pada 2023, Baznas Jabar berhasil menghimpun zakat Rp3,7 triliun.

"Jumlah tersebut di luar zakat yang dibayarkan masyarakat langsung kepada mustahik, atau disalurkan melalui lembaga lain. Saya mengapresiasi kinerja Baznas Jawa Barat yang telah membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu," jelasnya.

2. Baznas Jabar apresiasi langkah Bey Machmudin

Bey Ajak ASN dan Warga Jabar Segera Bayar Zakat Lewat Baznas(Istimewa)

Di lokasi yang sama, Ketua Baznas Jabar Anang Jauharuddin mengatakan, penyerahan zakat ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Ramadan Baznas Jabar tahun 2024 yang mengusung tema 'Berbagi Kebahagiaan Ramadhan'.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Jabar atas zakat yang telah diserahkan. Zakat ini akan kami salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti fakir miskin, anak yatim piatu, dan kaum dhuafa," kata Anang.

3. Baznas Jawa Barat telah melakukan banyak program kemanusiaan

Bey Ajak ASN dan Warga Jabar Segera Bayar Zakat Lewat Baznas(Istimewa)

Anang menuturkan, selain pengumpulan dan mengelola dana zakat hingga sadakah, Baznas Jabar telah merealisasikan berbagai program kemanusiaan seperti program menggalang donasi melalui program membasuh luka palestina.

Melalui program tersebut, dana yang terkumpul melalui Baznas Jabar atas kepedullian masyarakat Jabar yang begitu besar kepada rakyat Palestina mencapai Rp16.465.184.659.

Hal tersebut diapresiasi langsung oleh Baznas RI melaui ajang Baznas Award 2023, sehingga Baznas Jabar mendapatkan penghargaan sebagai Baznas Provinsi dengan Pengumpulan Dana Palestina Terbaik.

"Kami juga ingin melaporkan jika donasi untuk program membasuh luka Palestina di Jawa Barat mencapai Rp16.465.184.659," kata dia.

Baca Juga: Profil Atalia Praratya, Istri Kang Emil Melaju dari Jabar ke Senayan 

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024, Pemprov Jabar Siagakan 503 Fasilitas Kesehatan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya