Berbeda dari Surabaya, Bandung Pilih Bangun Wastafel Cegah COVID-19

Wastafel akan dibangun di 30 titik di tempat umum

Bandung, IDN Times - Berbeda dengan Kota Surabaya yang membuat bilik disinfektan demi mencegah virus Corona (COVID-19). Pemerintah Kota Bandung justru membuat tempat pencuci tangan di 30 titik tempat-tempat umum.

Untuk diketahui, saat ini Pemkot Bandung sudah masuk dalam zona merah atau Red Zone persebaran virus COVID-19 di Jabar. Pasalnya, sampak saat ini sudah ada empat orang dinyatakan positif dari Kota Bandung.

1. Wastafel dibuat demi mempermudah masyarakat mencuci tangan

Berbeda dari Surabaya, Bandung Pilih Bangun Wastafel Cegah COVID-19pixabay.com/Pascal Helmer

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menuturkan, instalasi wastafel atau tempat pencuci tangan akan dibangun demi mempermudah masyarakat untuk mencuci tangan sekaligus pencegahan COVID-19.

"Kota Bandung kita pasang instalasi wastafel untuk masyarakat memudahkan cuci tangan dan dalam penguatan agar hadapi COVID-19," ujar Oded berdasarkan keterangan resmi yang diterima IDN Times, Senin (23/3).

2. Dibangun di tempat umum yang selalu dikunjungi masyarakat

Berbeda dari Surabaya, Bandung Pilih Bangun Wastafel Cegah COVID-19ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa

Oded mengatakan, seluruh wastafel yang akan dibangun di 30 titik tersebut, semuanya akan dibangun di pusat keramaian atau tempat umum yang sering dikunjungi masyarakat banyak.

"Ada 30 titik yang akan dibangun di Kota Bandung, alhamdulillah hari ini sudah ada dua. Tempat lain kita pasang. Tempat keramaian di pasang. Ini mudah kan masyarakat untuk hadapi COVID-19," ungkapnya.

3. Masyarakat diminta menjaga wastafel dengan baik

Berbeda dari Surabaya, Bandung Pilih Bangun Wastafel Cegah COVID-19pexels.com/Kaboompics.com

Oded meminta, masyarakat dapat menjaga seluruh wastafel yang nantinya akan di bangun tersebut. Selain itu, masyarakat juga diharapkan bisa memaksimalkan wastafel tersebut untuk penanganan COVID-19 ala Pemkot Bandung itu.

"Kita minta ini dijaga dan ini merupakan bagian dari masyarakat agar selalu menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," katanya.

4. Tempat umum dipilih karena tepat untuk mencegah COVID-19 dengan mencuci tangan

Berbeda dari Surabaya, Bandung Pilih Bangun Wastafel Cegah COVID-19Berbagai sumber/artwork by. IDN Times

Oded mengungkapkan, pemilihan tempat umum sebagai tempat wastafel dimaksudkan agar bisa menjangkau siapa saja. Selain itu, tempat umum juga merupakan lokasi yang tepat karena banyak aktivitas masyarakat.

"Kenapa di tempat umum? Karena banyak masyarakat yang datang dan bisa mencuci tangan," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung Anggarkan Rp75 Miliar Tangani Virus Corona

Baca Juga: Cegah COVID-19, Pemkot Bandung Izinkan ASN WFH kecuali Lurah!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya