Belum Semua Daerah di Jabar Terjangkau Analog Switch Off

Program ASO baru Bandung Raya dan Bodebek

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) memastikan, belum semua kabupaten dan kota di Jabar dijangkau program Analog Switch Off (ASO). Program Kemenkominfo ini baru menyentuh beberapa daerah di Jabar saja.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Ika Mardiah mengatakan, program ASO baru mencakup kawasan Bandung Raya dan Bodebek yang sudah menikmati layanan televisi digital.

"Program ASO di Jawa Barat terealisasi di Bandung Raya dan Bodebek, meski masih ada sejumlah wilayah yang belum. Kendalanya ada di pusat karena ASO merupakan kewenangan Kemenkominfo," ujar Ika dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) bertajuk "Hari Penyiaran Daerah (Harsiarda) 2023: Digitalisasi Penyiaran" di Gedung Sate, Kota Bandung, dikutip Rabu (7/6/2023).

1. KPID Jabar dorong TV digital diberikan ke masyarakat

Belum Semua Daerah di Jabar Terjangkau Analog Switch OffIDN Times/Galih Persiana

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar Adiyana Slamet menambahkan, komisinta terus berupaya mendorong pemerintah pusat supaya lembaga yang ditunjuk dalam pendistribusian set top box (STB) segera membagikannya kepada masyarakat kurang mampu. Dengan begitu, seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati layanan siaran digital.

Mengingat sejauh ini dari delapan wilayah layanan, baru satu wilayah yang telah menikmati siaran televisi digital.

"Itu masalah kesiapan infrastruktur dan kesiapan distribusi STB. Kita mendorong pemegang multiflexing memberikan STB kepada masyarakat prasejahtera," kata Adiyana.

2. Wilayah Jabar harus dapat STB secara menyeluruh

Belum Semua Daerah di Jabar Terjangkau Analog Switch OffIlustrasi set top box (STB) (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kota dan kabupaten yang telah terjangkau layanan siaran digital, sambung Adiyana, yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi. Sedangkan 18 kota/kabupaten lainnya di Jabar belum menikmati program ASO.

"Mohon pemerintah pusat untuk menuntaskan tujuh wilayah layanan di Jawa Barat sehingga masyarakat Jabar mampu menikmati digitalisasi penyiaran atau ASO," kata dia.

3. Tanggal 17 Agustus 2023 ini diharapkan semua daerah di Jabar sudah mendapatkan STB

Belum Semua Daerah di Jabar Terjangkau Analog Switch OffPedagang melayani pembeli set top box (STB) TV Digital di pusat elektronik Blok AA Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Rabu (30/3/2022). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Sementara itu Ketua Asosiasi Televisi Siaran Digital Indonesia (ATSDI) Eris Munandar menuturkan, kehadiran ASO memberikan banyak keuntungan tak hanya bagi pemerintah, melainkan juga industri media dan masyarakat.

Eris berharap pada perayaan peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023, seluruh wilayah sepenuhnya dapat menikmati layanan siaran televisi digital.

Menurutnya, kehadiran tv digital menimbulkan banyak keuntungan. Dari sisi pemerintah terjadi penghematan infrastruktur, masyarakat mendapatkan layanan yang lebih canggih, dan bagi industri media akan terjadi efisiensi dalam operasional.

"Efisiensi sangat luar biasa sehingga fokusnya bagaimana meningkatkan konten itu sendiri. Pada 17 Agustus kita berharap merdeka digital," kata dia.

Baca Juga: Strategi Pemprov Jabar Tingkatkan Ekonomi, Patut Ditiru Daerah Lain

Baca Juga: Nasib 32 Ribu Honorer Pemprov Jabar Diujung Tanduk

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya