Baznas Jabar Beri Pelatihan ESQ ke 1.100 Orang Lintas-Komunitas

Gubernur Ridwan Kamil turut memberi pesan

Bandung, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat menggelar Leadership Center atau ESQ pada 1.100 anggota lintas-komunitas di Bale Asri Pusat Dakwah IsIam (Pusdai), Kota Bandung, Senin (4/9/2023).

Ketua Baznas Jabar Anang Jauharuddin mengatakan, kegiatan Community Enlightenment ini digelar untuk memberikan fasilitas berupa pelatihan ESQ secara gratis. Peserta yang datang tidak dipungut biaya sepeserpun.

"Mereka kita berikan pelatihan ESQ secara full free, biasanya kan berbayar," kata Anang, melalui keterangan resmi.

1. Ada anggota PKK dan komunitas perempuan lainnya

Baznas Jabar Beri Pelatihan ESQ ke 1.100 Orang Lintas-Komunitas(Istimewa)

Anang menjelaskan, peserta yang mengikuti Jabar Community Enlightenment berasal dari berbagai komunitas di Jabar. Mulai dari TP PKK, Dharma Wanita, Dekranasda, Pokja Paud, Omberko, PPJ, hingga Sekoper Cinta.

"Peserta ada 1.100. Banyak, mulai dari PKK dan lainnya, PKK paling banyak termasuk istri Bupati/Wali Kota, karena mereka penggerak di wilayah masing-masing. Ini penghargaan bagi mereka, memang bukan berupa uang tapi soft skill," ungkapnya.

2. Kegiatan ini sekaligus meperluas jangkauan Baznas pada masyarakat

Baznas Jabar Beri Pelatihan ESQ ke 1.100 Orang Lintas-KomunitasIlustrasi Infak. (IDN Times/Aditya Pratama)

Anang menuturkan, pelatihan ESQ yang diberikan diharapkan dapat berdampak kepada meningkatnya nilai-nilai kebaikan dari komunitas perempuan khususnya di wilayah. Selain itu, kegiatan ini bisa turut mengenalkan Baznas Jabar secara lebih luas.

"Jadi ini utuk meningkatkan semangat memotivasi di komunitas, tentunya semakin mengenal Baznas dan menjadikan Baznas sebagai salah satu tempat untuk membayar zakat infaq sadaqah," katanya.

3. Ridwan Kamil mengapresiasi kegiatan ini

Baznas Jabar Beri Pelatihan ESQ ke 1.100 Orang Lintas-KomunitasGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu, kegiatan Jabar Community Enlightenment juga dihadiri langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Dia mengatakan, peran Baznas Jabar telah berdampak kepada hal-hal positif bagi dari segi pembangunan ekonomi hingga Sumber Daya Manusia (SDM)

"Saya sangat mengapresiasi, berbagai kegiatan dan kontribusi Baznas untuk Jabar Barat dalam berbagai hal. Dengan berbagai inovasi Baznas mampu menjadi salah satu lembaga pengelola zakat terbaik di Indonesia. Per Juli saja sudah dapat menghimpun Rp3,2 Triliun," kata Emil.

Baca Juga: Baznas Serahkan Modal Usaha Produktif, Dari Zakat ASN Solo

Baca Juga: Bupati Sleman dan Baznas Serahkan Bantuan Hewan Kurban

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya