Basment BEC Bandung Terbakar karena Korsleting Genset

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini

Bandung, IDN Times - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung memastikan bahwa peristiwa kebakaran di Bandung Electronic Center (BEC) terjadi akibat percikan api hubungan pendek dari generator set (genset) di basment.

Menurut Kepala Diskar PB Kota Bandung, Dadang Iriana, api berhasil dipadamkan pada kurang lebih pukul 22:00 WIB. Adapun laporan kebakaran diterima pada pukul 18:35 WIB.

"Kami mendapatkan informasi dari satpam dan kami langsung menerjunkan beberapa kendaraan. Sejumlah kendaraan dari sejumlah UKT kita turunkan," ujar Dadang saat ditemui di lokasi, Kamis (18/2/2021).

1. Petugas Diskar PB sempat terkendala padamkan api

Basment BEC Bandung Terbakar karena Korsleting Genset(Kepala Diskar PB Kota Bandung, Dadang Iriana) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Api yang bersumber dari basment II gedung BEC Kota Bandung sempat menyulitkan petugas Diskar PB. Namun, dengan upaya maksimal dan adanya bantuan dari pihak lain, membuat api berangsur-angsur padam.

"Di lapangan itu cukup gelap tidak terlihat, barangkali juga kami memerlukan oksigen. Alhamdulillah berhasil kita padamkan," ungkapnya.

2. Percikan api tidak terlihat secara jelas oleh satpam

Basment BEC Bandung Terbakar karena Korsleting GensetIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Dari peristiwa ini setidaknya ada lima mobil pemadam yang diterjunkan ke lokasi. Selain dari Diskar PB, PMI Kota Bandung turut hadir dan membantuan medis.

"Itu ada panel di basement II dan menimbulkan bau-bau terbakar. Setelah dicek memang betul, kemudian anggota kami mencoba melakukan pemadaman dengan mengeluarkan alat alat yang kami miliki, dan melakukan penyiraman," tuturnya.

3. Dua orang satpam alami luka ringan

Basment BEC Bandung Terbakar karena Korsleting GensetIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain itu, Dadang mengaku khawatir pada pengunjung yang sempat panik ketika tim dari Diskar PB datang dan langsung melakukan penanganan. Ia memastikan tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini.

"Korban tidak ada, hanya luka-luka tadi. Satpam ada dua (yang luka), dan itu sudah dievakuasi oleh pihak PMI untuk segera diobati," katanya.

Adapun total kerugian dari peristiwa ini belum dipastikan berapa nominalnya. Saat melakukan penanganan, petugas terlihat tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan maksimal.

Baca Juga: [BREAKING] Asap Mengepul dari Basement, BEC Bandung Kebakaran

Baca Juga: 12 Anggota Polsek Astana Anyar Gunakan Narkoba, Begini Respons kapolda

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya