Comscore Tracker

Banyak Maskapai di Pindahkan ke BIJB Kertajati, Hotel di Bandung lesu

PHRI Jawa Barat ingin ada kajian soal pemindahan maskapai

Bandung, IDN Times - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat keluhakan minimnya wisatawan yang datang ke Kota Bandung akibat perpindahan 13 maskapai dari Bandara Hussain Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka beberapa bulan lalu.

Ketua PHRI Jawa Barat, Herman Muchtar mengungkapkan, keluhan beberapa pengusaha khususnya perhotelan sudah lama dirasakan akibat perpindahan beberapa maskapai tersebut. Bahkan pemerintah daerah menuritnya lambat dalam merespom persoalan tersebut.

"Sudah lama keluhan diraskaan, kepala dinas berwenang juha terlambat. Bhakan ada lagi wacana dari DPRD Jawa Barat bahwa ini (husein) akan ditutup dipindahkan semua ke sana (BIJB Kertajati),"ujar Herman saat dihubungi IDN Times, Selasa (29/10/2019).

1. Pejabat harus bisa mengkaji lebih dulu

Banyak Maskapai di Pindahkan ke BIJB Kertajati, Hotel di Bandung lesuIDN Times/Andra Adyatama

Herman mengatakan, pejabat terkait seharusnya bisa lebih mengkaji terlebih dahulu soal pemindahan maskapai dari Hussain ke BIJB Kertajati. Hal tersebut dirasakan dia agar sesuai dengan visi membawa pariwisata Jawa Barat sebagai lokomotiv ekonomi.

"Jadi kalau kita ngomong kita fikir-fikir dulu, kita kaji dulu yang betul. Kita kaji betul bagaimaba caranya di bandung tetap ramai, kertajati tetap hidup,"ungkapnya.

"Sejauh ini belum ada pembicaraan. Saya baru buat tembusan pertama masalah bandara kedua kemacetan Ini harus duduk bersama kita kaji dulu,"tambahnya.

2. PHRI tidak setuju 13 maskapai dipindhkan ke BIJB Kertajati

Banyak Maskapai di Pindahkan ke BIJB Kertajati, Hotel di Bandung lesuIDN Times/Andra Adyatama

Herman juga menambahkan, PHRI Jawa Barat telah bertemu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam pertemuan tersebut PHRI tidak menyetujui terhadap pemindahan 13 maskapai. Namun di sisilain pemerintha provinsi Jawa Barat juga harus menghidupkan BIJB Kertajati.

"Saya sudah ketemu dengan gub kita tidak setuju. Jika dipindahkan ke Kertajati akhirnya pada mundur penerbangan. Nggak ada penumpang siapa yang mau. Jadi berpikir kita harus berpikir bisnis,"jelasnya.

3. Selama pemindahan okupansi hotel di Bandung berkurang

Banyak Maskapai di Pindahkan ke BIJB Kertajati, Hotel di Bandung lesubooking.com

Buntut dari dipindahkanya 13 maskapai dari Hussain ke BIJB Kertajati, yang paling berdampak adalah Kota Bandung, menurut herman, sepanjang 2019 okupansi hotel lebih rendah bahkan di bahwa 60 persen. Hal tersebut dipandang Herman berbeda dari 2015-2016 yang mencapai diatas 60 persen.

" Saat ini okupansi hotel lebih rendah. Sekarang okupansi hotel di Bandung ini 52,5 persen. Dibandibgkan dulu 70 persen pada 2015-2016 awal,"ucapnya.

4. Solusi dari keadan tersebut adalah kajian

Banyak Maskapai di Pindahkan ke BIJB Kertajati, Hotel di Bandung lesutripcanvas.co

Lebih lanjut, Herman menjelaskan, dari semua persoalan tersebut, seharusnya dalam waktu dekat instansi terkait dalam perpindahan 13 maskapai harus duduk bersama dengan instansi lain yang merasakan dampak dari perpindahan tersebut. Sehingga nantinya keputusan yang didapatkan adalah keputusan bersama.

"Instansi terkait Harus duduk bersama, ini dampaknya kemana-mana, akan berpengaruh juga pada PAD sektor hotel yang belum sampai target,"kata dia.

Baca Juga: Sepinya Bandara Husein Setelah 13 Rute Penerbangan Dipindah ke BIJB

Baca Juga: Sepi Penumpang, BIJB Malah Jadi Lokasi Favorit Ngabuburit Warga 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya