Banyak Kriminal di Pusat Kota, Yana Minta Satpol Rutin Patroli

Saat ini sudah ada pos penjagaan Satpol PP di pusat kota

Bandung, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menginstruksikan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk lebih intensif berpatroli di wilayah pusat kota.

Hal itu dilakukan guna mengurangi kejadian tindak kriminal oleh oknum di pusat Kota Bandung, setelah banyak kasus terjadi pada beberapa pekan kemarin.

"Kita sama-sama bikin Bandung aman dan nyaman. Saya sudah minta Satpol PP patroli lebih intens lagi," kata Yana di Jalan Cianjur, Jumat (7/1/2022).

1. Patroli dianggap bisa cegah kasus tindak kriminal

Banyak Kriminal di Pusat Kota, Yana Minta Satpol Rutin PatroliIDN Times/Galih Persiana

Patroli dilakukan agar sejumlah tindakan kriminal pada masyarakat dan wisatawan dapat dicegah sedini mungkin. Yana bilang, jangan sampai wisatawan yang hendak berlibur di pusat kota justru merasa tidak nyaman dan menjadi korban tindak kriminal.

"Patroli dapat mengurangi peluang terjadinya hal-hal tidak diinginkan," ungkapnya.

2. Satpol PP sudah bangun pos untuk aduan

Banyak Kriminal di Pusat Kota, Yana Minta Satpol Rutin Patroli(Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Sedangkan, Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi mengatakan, instansinya telah menempatkan pos tenda bagi anggota yang bertugas agar dapat memonitor aktifivias di sekitar dan lebih cepat menanggapi aduan masyarakat.

"Pos dibangun itu setelah kejadian viral yang oknum tukang tato di alun-alun Kota Bandung, itu petugas nanti berjaga dan wisata atau masyarakat bisa mengadu kalau ada kejadian yang mengganggu," ungkapnya.

3. Pengamen memaksa minta uang akan diminta push up

Banyak Kriminal di Pusat Kota, Yana Minta Satpol Rutin PatroliMasyarakat Semarang yang tidak memakai masker kena sanksi sosial push up saat operasi yang dilakukan Satpol PP. Dok. Satpol PP Kota Semarang

Jika ada pengamen yang melakukan pemerasan atau pemaksaan pada wisatawan saat berlibur di pusat kota, Rasdian bilang, oknum pengamen itu akan diberikan sanksi push up oleh petugas Satpol PP.

"Kami sudah ada tenda Satpol PP di wilayah Alun-alun Bandung, terletak di Mako Jalan Dalem Kaum (belakang Masjid Raya), atau ke Pos Polisi di samping Gedung Indera. ini perlu dilakukan agar dapat dilakukan penanganan segera oleh petugas," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung Siap Gelar PTM SD-SMP 100 Persen Secara Bertahap

Baca Juga: Satpol PP Bandung Batasi Kegiatan MICE Saat Malam Tahun Baru 2022

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya