Banjir Rendam Rutan Depok, 40 Warga Binaan Wanita Dievakuasi

Banjir juga merendam Lapas Bekasi

Bandung, IDN Times - Rumah tahanan (Rutan) Kota Depok terkena imbas dari bencana banjir bandang yang menimpa wilayah Jakarta, Bogor dan Depok (Jabodetabek) sejak Rabu (1/1) pagi hari. Dari kejadian tersebut, blok wanita paling banyak dibanjiri air.

Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar, Abdul Aris mengatakan, kejadian banjir di wilayah Jabodetabek, Rutan Depok turut terkena imbasnya.

"Rutan Depok kena imbas kebanjiran khususnya di blok wanita. Ketinggian air se-paha, sedikitnya 40 napi wanita di Rutan Depok dievakuasi karena sel kebanjiran, " ujar Aris saat dihubungi IDN Times, Rabu (1/1).

Baca Juga: DJPb Kanwil Sumsel Diminta Dorong Supplier Agar Tak Telat Bayar Pajak

1. 40 warga binaan blok wanita akan dievakuasi ke blok laki-laki

Banjir Rendam Rutan Depok, 40 Warga Binaan Wanita DievakuasiIDN Times/Kemenkumhan Jabar

Aris menyebutkan, dari 40 warga binaan wanita yang menghuni blok wanita di Rutan Depok, saat ini akan dievakuasi sementara ke blok laki-laki, hal itu berlaku hingga banjir yang masuk ke ruang sel bisa surut terlebih dahulu.

"40 warga binaan wanita, seluruhnya akan dilakukan evakuasi ke blok laki-laki dulu sementara, hingga air surut" ungkapnya.

Baca Juga: Sebelum Dibawa ke RSPAD, Setnov Pernah Jatuh di Kamar Mandi Sukamiskin

2. Jika banjir tidak surut dan hujan masih datang warga binaan akan di pindah ke Lapas Bogor

Banjir Rendam Rutan Depok, 40 Warga Binaan Wanita DievakuasiIDN Times/KemenkumHAM Jabar

Aris menambahkan, ketika sudah dievakuasi sementara dan banjir belum juga surut, dikatakan Ari, 40 narapidana perempuan tersebut sementara akan dievakuasi ke Lapas Bogor, namun jika banjir sudah reda dan hujan tidak datang kembali maka akan langsung dikembangkan ke sel masing-masing.

"Ini hanya untuk Antisipasi, akan tetapi jika masih hujan dan banjir belum reda, warga binaan wanita 40 orang akan dievakuasi ke Lapas Bogor," tuturnya.

Baca Juga: Akhir Tahun, 31 Napi Lapas Tangerang Hirup Udara Bebas

3. Selain blok wanita dapur Rutan Depok juga terdampak banjir

Banjir Rendam Rutan Depok, 40 Warga Binaan Wanita DievakuasiIDN Times/KemenkumHAM Jabar

Lebih lanjut, Aris mengatkan, banjir juga tidak hanya masuk memenuhi blok perempuan, banjir sudah masuk pada area dapur Rutan dan ketinggian air sudah mencapai paha orang dewasa. Namun untuk aktivitas di dapur menurut dia, masih bisa berjalan dengan baik.

"Aktifitas di dapur berjalan, meski ketinggian air mencapai paha orang dewasa, tapi masih berjalan," kata dia.

4. Selain Rutan Depok Lapas Bekasi juga sempat dilanda banjir

Banjir Rendam Rutan Depok, 40 Warga Binaan Wanita DievakuasiIDN Times/KemenkumHAM Jabar

Sebelum banjir mengepung Rutan Depok, banjir juga sempat melanda Lapas Bekasi, dikatakan Aris, di Lapas Bekasi ketinggian air mencapai mata kaki orang dewasa, namun kejadian tersebut tidak lama seperti di Rutan Depok.

"Situasi Lapas Bekasi kena imbas banjir setinggi mata kaki. Dari kantor sampai ke aula dan blok hunian. Masuk air jam 02.00 WIB pagi, sekarang sudah mulai surut. Lapas kondusif," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya