Bandung Masuk Dalam Zona Biru, Sekda: Masyarakat Tetap Pake Masker! 

Masyarakat jangan melakukan euforia berlebih

Bandung, IDN Times - Ketua Harian Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengklaim Kota Bandung sudah masuk zona biru. Untuk tetap berada pada level tersebut, masyarakat diminta tidak melakukan euforia berlebih.

"Alhamdulillah hari ini dapat berita baik, Bandung sudah dinyatakan biru. Tapi sekali lagi, jangan euforia, bahkan kita terus tingkatkan kewaspadaan, terus tingkatkan disiplin," ujar Ema di Balai Kota Bandung, Jumat (3/7).

1. Zona biru harus menjadi zona hijau dalam 14 hari ke depan

Bandung Masuk Dalam Zona Biru, Sekda: Masyarakat Tetap Pake Masker! IDN Times/Humas Bandung

Ema menuturkan, selama dinyatakan masuk dalam zona biru, masyarakat diminta tetap tertip patuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker soaial distancing dan beberapa aturan lainnya. Level zona biru harus naik lagi menjadi zona hijau.

"Kalau 14 hari kita semakin baik kan nanti menuju zona hijau. Kalau sudah hijau kita kan semakin happy, rasa kekhawatiran dan ketakutan akan semakin tereduksi dan daya imun kita semakin baik, itu harapan kita," kata dia.

2. Masyarakat harus tetap disiplin terapkan protokol COVID-19

Bandung Masuk Dalam Zona Biru, Sekda: Masyarakat Tetap Pake Masker! IDN Times/Humas Bandung

Diberitakan sebelumnya, Ema juga mengatakan, Pemkot Bandung tetap akan melakukan tracking dan tes masif COVID-19 di sejumlah sektor yang dianggap rentan selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Masyarakat juga diminta jangan kaget jika ada kenaikan kasus positif COVID-19 pada lusa besok.

Ema menuturkan, meski Kota Bandung sudah masuk pada AKB, masyarakat diminta agar tetap disiplin mematuhi aturan protokol kesehatan. Kedisiplinan menurutnya menjadi kunci agar AKB tetap bisa diterapkan untuk Kota Bandung.

3. Jangan sampai kembali ke zona mereka

Bandung Masuk Dalam Zona Biru, Sekda: Masyarakat Tetap Pake Masker! IDN Times/Debbie Sutrisno

Selama AKB dijalankan dan masyarakat diketahui masih belum tertib ikuti aturan protokol kesehatan COVID-19 dan masih banyak berkerumun. Ema menyebut, bisa saja sejumlah jalan akan ditutup kembali seperti saat PSBB.

Kota Bandung dari tingkat provinsi sudah ada dalam zona biru dengan angka reproduksi 0,53. Hal tersebut, menurutnya harus tetap dipertahankan agar tidak kembali masuk dalam zona kuning.

"Kita ini belum normal, kita tingkatkan lagi disiplinnya, bukannya kendor, jangan sampai balik lagi ke merah," kata dia.

Adapun saat ini Bandung sudah masuk Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Sejumlah sektor sudah dilonggarkan untuk beroperasi dengan terapkan protokol kesehatan COVID-19 secara maksimal.

Baca Juga: 5 dari 191 Tenaga Kesehatan di Jabar yang Positif COVID-19 Meninggal

Baca Juga: 191 Tenaga Kesehatan di Jabar Positif COVID-19, Lima Orang Meninggal 

Baca Juga: [BREAKING] Pendiri PKS KH Hilmi Aminuddin Meninggal karena COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya