Bandung Banjir, Oded Minta DPU Fokus Tangani Drainase hingga Tanggul

Jika ada tanggul yang jebol, segera diperbaiki!

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) bekerja lebih fokus dalam penanganan banjir khususnya menyelesaikan persoalan drainase dan pengawasan tanggul agar tidak jebol di Kota Bandung.

"Saya sudah minta PU, urusan tanggul-tanggul kemarin juga saya kira kejadian tanggul jebol, tanggul ini harus terus du evaluasi dilihat dan betul-betul di jamin tidak jebol," ujar Oded disela-sela menghadiri rapat konsultasi pembahasan RKPD tahun 2021 di salah satu hotel di Bandung, Senin (17/2).

Baca Juga: Sepekan di Jepang, Oded dan DPRD Bandung Belajar Soal Sampah

1. DPU diharapkan sigap tangani tanggul jebol

Bandung Banjir, Oded Minta DPU Fokus Tangani Drainase hingga TanggulWalikota Bandung, Oded M Danial. (IDN Times/Bagus F)

Oded mengatakan, meskipun beberapa tanggul di Kota Bandung terlihat sudah bagus, DPU diharapkan tetap fokus memantau tanggul, terutama jika terjadi hujan deras.

"Tanggulnya sudah bagus, kalau diberikan hujan deras banget melebihi tanggul akan tetap seperti itu.Tetapi segala upaya kita tetap dilakukan," ungkapnya.

Baca Juga: Nasib Brigjen dan 11 Warga Magelang Anggota Sunda Empire Usai Runtuh

2. Kolam retensi merupakan penanganan banjir jangka panjang

Bandung Banjir, Oded Minta DPU Fokus Tangani Drainase hingga TanggulIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, Pemkot Bandung telah merancang penanggulangan banjir dalam jangka panjang. Salah satunya adalah dengan mambangun sejumlah kolam retensi yang dapat mengurangi banjir di Kota Bandung.

"Kalau penanganan banjir jangka panjangnya, kolam retensi kita perbanyak, drum pori kita perbanyak," katanya.

3. Revitalisasi drainase terus diupayakan Pemkot Bandung

Bandung Banjir, Oded Minta DPU Fokus Tangani Drainase hingga Tanggul(Ilustrasi banjir di Jalan Letjen Suprapto) www.twitter.com/@TMCPoldaMetro

Oded mengakui, persoalan drainase yang banyak dikeluhkan masyarakat Kota Bandung memang tidak berfungsi secara maksimal. Namun, kata Oded, Pemkot Bandung akan terus mengupayakan penanganan masalah drainase sehingga persoalan banjir bisa segera teratasi.

"Saya kira revitalisasi dreainase akan terus kita lakukan, saya kira setiap tahun. Tahun ini juga kita dapat dari Provinsi Jabar sudah cukup besar Insya Allah," tuturnya.

Baca Juga: Polisi Pastikan Dubes Swiss Bantu Telusuri Deposito Sunda Empire

4. Penanganan banjir lintas wilayah masih terhambat

Bandung Banjir, Oded Minta DPU Fokus Tangani Drainase hingga TanggulANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Disinggung tentang koordinasi lintas wilayah dalam penanganan masalah banjir di Kota Bandung, Oded mengaku ada sedikit hambatan soal penerapan aturan dan kesepakatan soal APBD. Ia pun mengaku sempat berkomunikasi dengan Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Naser.

"Saya dengan pak Dadang Naser sudah berkomunikasi, cuman memang masih terhambat persoalanya yang sekalanya harus dilaksanaan secara lintas kebijakan," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini.

Baca Juga: Hujan hingga Maret, BMKG Imbau Masyarakat Waspada Banjir dan Longsor 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya