Baliho OTW Jakarta, Ridwan Kamil Dinilai Tengah Kampanye Pilgub

Ridwan Kamil tidak lagi hanya cek ombak elektabilitas

Bandung, IDN Times - Baliho Ridwan Kamil alias RK On The Way (OTW) DKI Jakarta yang terpasang di beberapa titik pusat ibu kota, banyak direspons warganet di media sosial instagram dan X, sejak  Jumat (23/2/2024).

Bahkan RK juga mengunggah langsung dalam akun instagram pribadinya. Namun unggahanya itu tidak hanya dalam bentuk foto seperti tersebar di media sosial X.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu mengunggah dengan video disertai narasi pribadinya atas statment Ahmad Sahroni yang menganggap kecil jika melawan RK di Pilgub DKI Jakarta.

1. Pengamat menilai hal itu sudah masuk strategi kampanye

Baliho OTW Jakarta, Ridwan Kamil Dinilai Tengah Kampanye Pilgubmomen Baim Wong bertemu dengan Ridwan Kamil (instagram.com/baimwong)

Dari viralnya baliho Ridwan Kamil OTW Jakarta, banyak yang menduga politisi Partai Golkar itu akan maju dalam Pilgub DKI Jakarta. Pengamat Politik Universitas Padjadjaran (Unpad), Firman Manan mengatakan, langkah pasangan baliho itu tidak hanya cek ombak saja. Menurutnya, RK tengah melakukan kampanye.

"Menurut saya, ini sudah masuk strategi kampanye. kalau popularitas, Kang Emil populer termasuk di DKI cuma ada satu aspek yang juga penting, ketika membuat keseriusan akan maju," ujar Firman, Senin (26/2/2024).

Firman menganalogikan langkah Ridwan Kamil ini seperti Gibran Rakabuming Raka sebelum menjadi Calon Wakil Presiden. Menurutnya, sebelum ada putusan MK, anak sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu tidak terlihat sebagai kandidat serius. Namun, setelah putusan MK elektabilitas Gibran turut naik.

"Kalau saya lihat kang emil mau menunjukkan warga Jakarta bahwa dia serius untuk maju. Sehingga, kalau mislanya survei maka elektabilitas akan meningkat," katanya.

2. Langkah Ridwan Kamil mirip seperti Gibran sebelum jadi Cawapres

Baliho OTW Jakarta, Ridwan Kamil Dinilai Tengah Kampanye Pilgubfakta Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil (instagram.com/ataliapr)

Selain itu, Firman menilai, Ridwan Kamil sendiri sudah beberapa kali menyampaikan dirinya diberikan dua opsi oleh partainya untuk langkah politik di Pilkada 2024. Dua pilihan ini salah satunya maju Pilgub DKI Jakarta.

Sehingga, Firman menilai apa yang sudah dilakukan Ridwan Kamil saat ini sudah masuk kampanye, bukan lagi hanya cek ombak semata.

"Untuk Pilgub DKI Jakarta itu termasuk Jabar, sudah ada rekomendasi dari Partai Golkar. Menurut saya ini sebuah tindak lanjut rekomendasi itu," jelasnya.

Meski begitu, Firman mengatakan, Partai Golkar sendiri sebelumnya sudah memberikan rekomendasi juga terhadap ketua Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki. Sehingga, dia belum bisa memastikan Ridwan Kamil benar-benar maju di Jakarta.

"Selain Emil kan ada Pak Zaki ketua DPD Golkar DKI artinya ada kompetisi internal. Kan tentunya itu kang Emil melakukan langkah menaikan elektabilitas seperti yang dilakukan hari ini," kata dia.

3. Ridwan Kamil pastikan langkah politiknya diumumkan 29 Februari 2024

Baliho OTW Jakarta, Ridwan Kamil Dinilai Tengah Kampanye Pilgubfakta Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil (instagram.com/ataliapr)

Sementara, Ridwan Kamil mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih atas perhatian serta dukungan yang telah diberikan oleh semua pihak terkait hal viralnya baliho yang dipasang di beberapa titik itu. Dia mastikan, langkah politiknya akan diumumkan pada 29 Februari 2024.

"Terimakasih atas dukungan dan antusiasme masyarakat. Namun saya harap masyarakat bersabar. Mohon tunggu di 29 Februari 2024," ujar, Jumat (23/2/2024).

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily mengatakan, dirinya tidak bisa mengetahui arti jelas dari pemasangan spanduk itu. Dia justru mempersilahkan masyarakat menafsirkan sendiri.

"Saya tidak dapat menduga-duga atas gambar Kang Emil yang otw ke Jakarta. Silakan publik menafsirkan sendiri atas apa yang ada dalam gambar itu," ujar Ace, Sabtu (24/2/2024).

Ace memastikan, Partai Golkar Jawa Barat masih fokus dalam perhitungan atau rekapitulasi suarat suara, baik itu untuk Pileg, dan Pilpres. Sebab, saat ini belum semua surat suara masuk.

"Kami, Partai Golkar Jawa Barat, saat ini masih konsentrasi dan fokus untuk mengawal suara yang rekapitulasinya berjenjang dari mulai tingkat TPS, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga pusat," ucapnya.

Baca Juga: Spanduk Ridwan Kamil OTW Jakarta, Golkar Jabar Irit Komentar

Baca Juga: Baliho Ridwan Kamil ke Jakarta Viral, Emil: Mohon Ditunggu 29 Februari

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya