Bak Avatar, Diskar PB Kota Bandung Tangani Api hingga Cincin Nyangkut

2020 SDM petugas Diskar PB Kota Bandung akan dimaksimalkan

Bandung, IDN Times - Seluruh persoalan bencana siap ditangani para personel Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. Tidak berlebihan sepertinya jika para personel terlatih Diskar PB Bandung disebut pahlawan avatar.

Lalu, seperti apa pekerjaan yang ditangani Diskar PB Bandung? Perlu diketahui, Diskar PB Bandung ini tidak hanya menangani persoalan kebakaran. Tetapi, mereka juga siap berjibaku memberikan pertolongan terhadap korban bencana alam, hewan liar, hingga cincin yang tersangkut di jari.

Baca Juga: Kebakaran di Bandung, Wali Kota Oded Pastikan Bantuan Aman

1. Sepanjang 2019 di Kota Bandung ada 13 kali orang peristiwa orang masuk sumur

Bak Avatar, Diskar PB Kota Bandung Tangani Api hingga Cincin NyangkutIDN Times/Arief Rahmat

Hal tersebut dibuktikan bahwa sejak Januari hingga Desember 2019, Diskar PB berhasil menangani 13 kejadian orang yang masuk ke sumur. Lalu, empat kali melakukan upaya pencarian orang tenggelam. Kemudian, 16 kali menangani cincin yang sulit terlepas dari jari.

"Ada sekali menangani kaki anak terjepit, satu kasus tangan anak nancap di pagar besi. Kami juga sekali menangani orang tersengat listrik, lalu ada yang terjebak di bangunan ambruk dan juga sekali mengurus anak yang terkunci di ruangan," ujar Dadang Iriana, Kepala Diskar PB Kota Bandung, Selasa(7/1).

Baca Juga: 2 Orang Tewas Akibat Kebakaran di Jaktim Usai Bersih-Bersih Banjir 

2. Ada 296 kasus penanganan hewan membahayakan

Bak Avatar, Diskar PB Kota Bandung Tangani Api hingga Cincin NyangkutIDN Times/Istimewa

Dadang menceritakan, Diskar PB juga bukan hanya menangani masalah manusia. Selama 2019, terdapat  296 kasus yang ditangani petugas untuk mengurusi masalah hewan. Mulai kucing tersangkut di saluran pipa air, ular, hingga penanganan sarang tawon.

"Ada laporan penanganan biawak dua kali, sekali mengatasi masalah burung. Lalu ada juga penanganan bunglon dan kukang," ungkapnya.

3. Lima laporan penanganan musang dan kera di pemukiman

Bak Avatar, Diskar PB Kota Bandung Tangani Api hingga Cincin NyangkutIDN Times/Istimewa

Petugas Diskar PB juga menerima lima laporan untuk menangani masalah musang liar yang masuk ke halaman rumah warga. Jumlah yang sama juga dilakukan penananganan kera di tengah permukiman warga.

Selain itu, Diskar PB juga ikut terlibat menangani sembilan kali kecelakaan lalu intas. Lalu 11 laporan pohon tumbang. Sebanyak empat kali longsor juga turut di tangani petugas dan terjun di sekali banjir besar.

"Petugas kita juga menangani kabel melintang, canopy roboh, gerbang terkunci sampai penanganan drone," kata dia.

4. 2020 Diskar PB akan fokus menaikan skill SDM

Bak Avatar, Diskar PB Kota Bandung Tangani Api hingga Cincin NyangkutDiskar PB Kota Bandung

Dengan banyaknya laporan masalah warga Kota Bandung yang semakin beragam ini, pada 2020 nanti Diskar PB akan semakin fokus meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) para petugas.

"Hal yang paling mendasar ini SDM. Kalau sarana dan prasarana bisa diakali, tapi kalau SDM ini kemampuannya yang harus kita tingkatkan. Kalau SDM sudah semakin profesional itu kita semakin mampu," jelasnya.

Selain itu, peningkatan kemampuan para petugas Diskar PB Kota Bandung ini bukan hanya untuk menangani laporan warga saja. Namun, guna memaksimalkan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

"Penyuluhan kemudian simulasi. Karena kami tidak hanya pemadaman, ada juga penyelamatan. Ini kan macem-macem," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya