Bahlil Tepis Rumor Prabowo Enggan Pindah ke IKN

Bahlil yakin Prabowo akan pindah ke IKN setelah dilantik

Bandung, IDN Times - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menepis isu presiden terpilih periode 2024–2029, Prabowo Subianto enggan pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Menurutnya, informasi itu tidak benar adanya, dan keputusan soal berkantor di IKN nantinya akan diputuskan langsung oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Kata siapa? Jangan pakai kata informasi yang enggak benar. Insya Allah kok, pak Prabowo. Akan kita lihatlah ya, apa yang diputuskan ya,” kata Bahlil, saat menghadiri kuliah umum di kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (11/7/2024).

1. Bahlil pastikan Prabowo akan upacara 17 Agustus di IKN

Bahlil Tepis Rumor Prabowo Enggan Pindah ke IKN(Istimewa)

Kemudian, Bahlil mengungkapkan, jika ketua umum Partai Gerindra itu akan ikut menghadiri upacara perdana saat Hari Kemerdekaan ke-79 di ibu kota anyar tersebut bersama dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo beserta anggota kabinet lainnya.

"Yang jelas Pak Prabowo akan upacara tanggal 17 (Agustus) di IKN," katanya.

2. Ahmad Muzani juga pastikan Prabowo upacara 17 Agustus di IKN

Bahlil Tepis Rumor Prabowo Enggan Pindah ke IKNSekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani ketika memberikan pembekalan dan pelatihan kepada ribuan saksi TPS di Kabupaten Pesawaran. (Dokumentasi Partai Gerindra)

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR, Ahmad Muzani juga menegaskan, Prabowo Subianto akan tetap mengikuti gelaran upacara HUT ke-79 Indonesia tetap digelar di IKN. Prabowo dipastikannya akan mendampingi Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan upacara di sana.

"Insya Allah, Pak Prabowo (upacara) ke IKN," kata Muzani, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Jumat (28/6/2024).

3. Pemerintah akan gelar upacara 17 Agustus di IKN dan Jakarta

Bahlil Tepis Rumor Prabowo Enggan Pindah ke IKNIstimewa

Sementara pemerintah memutuskan, peringatan upacara HUT ke-79 Indonesia digelar di dua tempat. Pertama, dilakukan di Istana di IKN Nusantara dan kedua, di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

"Iya sebagian di IKN sebagian di sini (Istana Merdeka)," ujar Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi pada 10 Juni 2024 lalu di Istana.

Dia mengatakan upacara yang dihelat di IKN akan dipimpin oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Sedangkan, upacara di Istana Negara bakal dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

"Nanti, Pak Wapres didampingi wapres terpilih (di Jakarta). Presiden akan didampingi presiden terpilih," katanya.

Menurut informasi, ada sekitar 6.800 orang yang diboyong oleh Jokowi untuk bisa mengikuti HUT ke-79 di IKN Nusantara. 

Baca Juga: Basuki Pastikan Listrik dan Air Masuk IKN di Pertengahan Juli

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi Belum Terbitkan Keppres Pemindahan Ibu Kota ke IKN

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya