Bacawalkot Bandung Arfi Rafnialdi Janji Hadirkan Kembali PIPPK

Program ini terhenti sejak 2023

Bandung, IDN Times - Bakal Calon Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi berjanji akan menghadirkan kembali Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK), jika dirinya terpilih di Pilwalkot 2024.

PIPPK ini sempat terhenti sejak tahun 2023. Program yang digagas oleh Arfi di tahun 2013 bersama Wali Kota Bandung saat itu, Ridwan Kamil, dijanjikannya akan kembali dihadirkan untuk pembangunan Kota Kembang ini.

1. Program ini kemungkinan dihadirkan kembali pada 2026

Bacawalkot Bandung Arfi Rafnialdi Janji Hadirkan Kembali PIPPK(Istimewa)

Arfi menjelaskan, pada 2013, program PIPPK dibuat dengan semangat desentralisasi sehingga urusan keseharian masyarakat bisa diselesaikan oleh RT RW atau organisasi kewilayahan dengan mengalokasikan dana Rp100 juta per RW.

Hampir rata-rata harapan dari para RT RW yang hadir dalam pertemuan tersebut menginginkan PIPPK bisa kembali digulirkan serta ditingkatkan nilai pendanaannya.

Jika nanti terpilih menjadi Wali Kota Bandung, Arfi mengatakan bakal mengevaluasi terlebih dahulu program PIPPK agar bisa disempurnakan ketika kembali digulirkan.

"Kalau 2025 belum ada (anggaran) karena proses KUAPPAS sudah bergulir dan belum ada peran wali kota karena masih dalam tahapan kontestasi Pilwalkot, berarti tahun 2025 akan kita manfaatkan untuk evaluasi," ujar Arfi dalam pertemuan dengan Forum RW Kota Bandung di Ottilie Cafe, Dipatiukur, Kota Bandung, dikutip Sabtu (27/7/2024).

2. Program ini akan lebih disempurnakan

Bacawalkot Bandung Arfi Rafnialdi Janji Hadirkan Kembali PIPPK(Istimewa)

Meski begitu, Arfi memastikan program PIPPK bisa kembali digulirkan pada 2026 mendatang dan dana yang bakal diberikan pun wajib untuk ditambah besarannya.

"Kalau nanti dilaksanakan lagi tahun 2025 atau 2026, maka nilainya harus disesuaikan karena semangatnya PIPPK harus disempurnakan. Tapi belum bisa dipastikan nilainya. Secara logika dengan inflasi selama 10 tahun terakhir harusnya naik," katanya.

Selain itu, Arfi mengatakan, berdasarkan saran dari Ketua Forum RW, pemberian dana PIPPK juga perlu disesuaikan karena ada banyak RT RW di beberapa kecamatan yang ragu dalam menggunakan dana PIPPK yang diberikan Pemkot Bandung.

"Ada masukan perlu adanya pendampingan misalnya prosedur dari sisi hukum, karena kami ingin melayani warga dan kami juga tidak ingin dalam proses melayani itu malah ada masalah hukum. Dari 1.596 RW ini ada yang sudah sangat paham dan siap, tapi ada juga yang perlu didampingi," katanya.

3. Arfi tampung semua aspirasi Forum RW Kota Bandung

Bacawalkot Bandung Arfi Rafnialdi Janji Hadirkan Kembali PIPPK(Istimewa)

Arfi menambahkan, selain mendapatkan gagasan dan ide dari masyarakat, dalam pertemuan tersebut ia sangat bersyukur mendapatkan dukungan moral dari Forum RW Kota Bandung.

"Mudah-mudahan semangat kebersamaan untuk membangun kota ini bisa menyebar dan nanti bisa berbuah menjadi kepercayaan warga dalam kontestasi politik Pilwalkot 2024," kata dia.

Sementara, Ketua Forum RW Kota Bandung, Lily Maulana mengatakan, sejumlah aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dan anggotanya di antaranya adalah terkait kesehatan, kesejahteraan dan pendidikan.

"PPDB sangat menjadi catatan khusus. Semoga kang Arfi bisa menyampaikan ke pemerintah pusat untuk mengubah mekanisme dan sistem PPDB yang lebih praktis untuk kepentingan warga Kota Bandung," ujarnya.

"Sektor kesehatan sesuai konsep Kang Arfi rencanankan puskemas satu kelurahan satu puskesmas yang sekarang masih belum merata," ujae Liliy, melanjutkan.

Ditanya soal komitmen dengan bakal calon wali kota Bandung lainnya, Lily mengatakan baru Arfi Rafnialdi yang mau melakukan audiensi dengan forum RW di Kota Bandung.

"Kalau komunikasi dengan beberapa orang lainnya sudah karena semua sahabat, tapi baru Kang Arfi yang menghrgai keberadaan forum RT RW Kota Bandung," kata dia.

Baca Juga: Pembiayaan Usaha Mikro di Jabar Kian Meningkat Termasuk oleh PIP 

Baca Juga: Bey Machmudin Optimistis Jabar Bisa Swasembada Pangan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya