Atasi Kemacetan, Pemkot Bandung Siap Bangun Flyover Buahbatu

Tak hanya flyover, tol dalam kota pun siap dibangun

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Bandung terus memperbanyak pembangunan flyover atau jembatan layang baru dalam beberapa tahun ke depan. Saat ini, Flyover Kopo sedang dalam tahap pembangunan. Setelah itu, akan ada jembatan layang baru yang segera dibangun yakni Flyover Buahbatu di Jalan Simpang Buahbatu hingga Jalan Simpang Kiaracondong.

Pemkot menargetkan, pembangunan flyover Buahbatu ini akan selesai pada 2022, mendatang.

1. Flyover baru akan atasi kemacetan lalu lintas di Kota Bandung

Atasi Kemacetan, Pemkot Bandung Siap Bangun Flyover BuahbatuIDN Times/Yogi Pasha

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, pembangunan flyover baru di sejumlah titik ini akan menjadi salah satu solusi dalam mengatasi kemacetan di Kota Bandung. Saat ini, sudah ada tiga jembatan layang yang berhasil dibangun.

Oded mengungkapkan, pembangunan flyover akan dilanjutkan dengan membangun jembatan layang Kopo dan Buahbatu. 

"Baru mulai (Flyover Kopo) saya belum dapat informasi. Dari Simpang Buahbatu dengan simpang samsat kircon, insyallah ada flyover," ujar Oded, Kamis (4/2/2021).

2. Pembangunan dua flyover baru menunggu koordinasi bersama Pemprov Jabar

Atasi Kemacetan, Pemkot Bandung Siap Bangun Flyover BuahbatuBiro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

Oded menyebutkan, pembangunan dua flyover baru ini masih menunggu koordinasi bersama Pemprov Jabar. Oded optimistis, pembangunan dua jembatan baru tetap terlaksana di tengah pandemik COVID-19.

3. Proyek tol dalam kota masih dalam pembahasan

Atasi Kemacetan, Pemkot Bandung Siap Bangun Flyover BuahbatuIlustrasi Infrastruktur (Jalan Tol) (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Oded mengungkapkan, pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) atau tol dalam kota di Bandung masih menunggu pembahasan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal itu diketahui usai Oded melakukan rapat virtual bersama Dirjen Bina Marga (PUPR) di Pendopo, Kamis (4/2/2021).

"Rencana BIUTR yang sudah sejak lama menjadi sebuah agenda di Kota Bandung, alhamdulilah dibahas lagi. Mudah-mudahan BIUTR bisa terlaksana di Kota Bandung," kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Kamis (4/2/2021).

4. Tol dalam kota Bandung akan nyambung di Ujungberung atau Cisumdawu

Atasi Kemacetan, Pemkot Bandung Siap Bangun Flyover BuahbatuANTARA/Raisan Al Farisi/agr.

Jalur tol dalam kota ini direncanakan dibangun dari Pasteur hingga Tol Gedebage via Ujungberung. Namun, ada opsi lain yakni Pasteur hingga Tol Cisumdawu via Ujungberung-Cileunyi.

"Insyaallah BIUTR ini nanti sampai ke Ujungberung, tapi ada opsi-opsi juga. Kalau belok kanan nanti nyambung ke KM 149 Gedebage dan nyambung lagi ke Tol Padaleunyi, atau jika lurus ke arah timur Cileunyi bisa nyambung ke Cisumdawu," tutur Oded.

Baca Juga: Dishub Bandung Segera Bahas Rekayasa Jalan untuk Dua Flyover Baru

Baca Juga: Macet karena Proyek Flyover, Lalin Jalan Jakarta-Supratman Direkayasa

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya