Arus Silaturahmi dan Wisata Mulai Terjadi di Jabar Sejak Lebaran H+2

Wilayah Jabar belum mengalami peningkatan arus balik

Bandung, IDN Times - Sejumlah jalur objek wisata di Jawa Barat (Jabar) mulai dipadati kendaraan sejak H+2 atau hari ke tiga libur lebaran 2023. Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar mencatat, peningkatan kendaraan terjadi di wilayah Bogor hingga Kabupaten Bandung.

Kepala Dishub Jabar, A. Koswara Hanafi mengatakan, pada hari ke tiga usai Idul Fitri 2023 ini banyak masyarakat yang melakukan perjalanan untuk liburan serta silaturahmi. Artinya, untuk arus balik kendaraan masih belum meningkat secara signifikan.

"Dari data yang diperoleh melalui website Pandu Jalan, titik-titik kepadatan terjadi di Kawasan Nagreg dan Puncak-Gadog. Namun, Apabila melihat data di kawasan perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, yakni di Losari dan Cijolang, masih belum terlihat peningkatan volume kendaraan yang signifikan," ujar Koswara, Selasa (25/4/2023).

1. Wilayah Bogor dan Kabupaten Bandung padat kendaraan wisawatan

Arus Silaturahmi dan Wisata Mulai Terjadi di Jabar Sejak Lebaran H+2Ilustrasi kemacetan lalu lintas. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Dishub Jabar kemudian memantau beberapa lokasi jalur wisata di beberapa wilayah, dan terjadi perbedaan antara jalur arus balik dengan objek wisata. Koswara memastikan, para pemudik masih berwisata.

"Pada titik-titik wisata, seperti ciwidey, pangalengan, dan pangandaran, didapati terjadinya peningkatan volume lalu lintas. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pergerakan masyarakat masih didominasi oleh pergerakan silaturahmi dan wisata," ungkapnya.

2. Stasiun dan terminal belum terlihat ada peningkatan penumpang

Arus Silaturahmi dan Wisata Mulai Terjadi di Jabar Sejak Lebaran H+2Kepala Dishub Jabar, A Koswara Hanafi (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain itu, volume kendaraan juga masih dipenuhi oleh kendaraan roda dua dibanding kendaraan roda empat. Beberapa terminal dan bandara juga terpantau belum mendapatkan peningkatan penumpang di hari ke tiga lebaran 2023.

"Untuk di simpul-simpul transportasi seperti stasiun, terminal, dan bandara juga belum terlihat tanda-tanda peningkatan jumlah penumpang arus balik yang cukup signifikan pada H+1 dan H+2 lebaran ini," katanya.

3. Jalur arus balik juga masih belum ada peningkatan signifikan

Arus Silaturahmi dan Wisata Mulai Terjadi di Jabar Sejak Lebaran H+2Kemacetan jelang pintu keluar tol Pasteur, Bandung. (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, Dishub Jabar memastikan volume kendaraan arus balik masih belum mengalami peningkatan yang signifikan. Beberapa jalur di Jabar masih terpantau ramai lancar. Berdasarkan hasil pengecekan tim Dishub Jabar, beberapa jalur belum terjadi peningkatan volume kendaraan.

"Berdasarkan data hasil pemantauan cacah arus di 13 titik pengamatan di seluruh Jawa Barat, memang terjadi kecenderungan peningkatan volume lalu lintas di mulai sejak kemarin tgl 23 April 2023, namun tidak cukup signifikan," ujar Koswara, dikutip Selasa (25/4/2023).

Baca Juga: Dishub Prediksi 18,7 Juta Warga Jabar Mudik Lebaran 2023

Baca Juga: Dishub Jabar Kerahkan 4.529 Personel untuk Libur Nataru 2023

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya