Arteria Dahlan Minta Maaf, Ridwan Kamil: Itu Kemauan Warga Sunda

Permintaan maaf Arteria diterima masyarakat Sunda?

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil turut memberikan respons usai Komisi III DPR RI Arteria Dahlan menyampaikan maaf atas pernyataan dirinya yang meminta Kejaksaan Agung mencopot Kajati menggunakan bahasa Sunda saat rapat.

Menurutnya, permintaan maaf itu merupakan bentuk sikap yang ditunggu oleh masyarakat Sunda. Atas apa yang sudah disampaikan Arteria itu, Emil berharap dapat menenangkan masyarakat Sunda.

"Tentulah yang diminta masyarakat Sunda itu permohonan maaf, dan sudah dilakukan, tentu Insya Allah kita menerima dengan lapang dada dan menjadi pelajaran kita semua," ujar Emil, Kamis (20/1/2022).

1. Pejabat publik harus hati-hati dalam bersikap

Arteria Dahlan Minta Maaf, Ridwan Kamil: Itu Kemauan Warga SundaRidwan Kamil menghadiri acara Indonesia Millennial Summit by IDN Times (Dok. IDN Times)

Emil mengatakan, sosok pejabat publik memang harus bijak dalam menyampaikan pendapat. Apalagi, kata dia, pernyataan yang sangat sensitif dan berpotensi mencederai suku atau golongan tertentu.

"Mudah-mudahan kita bisa ambil hikmah, seorang pemimpin pejabat publik tentu harus berhati-hati dalam menjaga lisan, dalam syariat juga bilang bahwa berbicara baik atau diam itu menjadi hikmah dalam peristiwa ini," ucapnya.

2. Ridwan Kamil berterima kasih Arteria sudah meminta maaf

Arteria Dahlan Minta Maaf, Ridwan Kamil: Itu Kemauan Warga SundaAnggota Komisi III DPR Arteria Dahlan (Dok. KPK)

Pada dasarnya, Emil bilang, pejabat publik harus memberikan ketertiban dan tidak membuat permusuhan satu sama lain. Emil juga berterima kasih pada Arteria Dahlan karena mau meminta maaf pada masyarakat Sunda.

"Kita jaga Bhinneka Tunggal Ika kita, toleransi kita, dan identitas kita. Damai itu penting, daripada bertengkar, dan penuh keributan yang tidak perlu. Terima kasih pada Bang Arteria Dahlan yang sudah tulus minta maaf," kata dia.

3. Arteria dengan sungguh-sungguh meminta maaf

Arteria Dahlan Minta Maaf, Ridwan Kamil: Itu Kemauan Warga SundaAnggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi III dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan (Youtube.com/DPR RI)

Untuk diketahui, Arteria Dahlan akhirnya menyampaikan permohonan maafnya terkait permintaan copot kejati yang berbahasa sunda kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Permohonan maaf Arteria diungkapkan di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/1/2022) dan ditunjukkan kepada masyarakat Jawa Barat.

"Saya dengan sungguh-sungguh menyatakan permohonan maaf kepada masyarakat Jawa Barat, khususnya masyarakat Sunda atas pernyataan saya beberapa waktu lalu," ujar Arteria.

4. Arteria berterima kasih pada kritik yang sudah disampaikan publik

Arteria Dahlan Minta Maaf, Ridwan Kamil: Itu Kemauan Warga Sunda(Arteria Dahlan VS Emil Salim) narasi.tv

Klarifikasi dan permintaan maaf Arteria disampaikannya di depan Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, dan Ketua DPP PDIP, Komarudin Watubun. Arteria juga menyerahkan proses secara politik ke DPP PDIP.

"Sebagai Kader Partai saya siap menerima sanksi yang diberikan Partai. Saya belajar dari persoalan ini, dan terima kasih atas seluruh kritik yang diberikan ke saya, pastinya akan menjadi masukan bagi saya untuk berbuat lebih baik lagi,” kata Arteria, dengan nada penyesalan.

Baca Juga: Kata Dedi Mulyadi, Arteria Dahlan Punya Nasionalisme Jakarta-sentris

Baca Juga: Daftar Kontroversi Arteria Dahlan, Terbaru Singgung Bahasa Sunda

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya