Arief S Kartasasmita Terpilih Jadi Rektor Unpad Periode 2024-2029

Arief akan dilantik berbarengan dengan Prabowo Subianto

Bandung, IDN Times - Prof. Arief S. Kartasasmita terpilih sebagai Rektor Universitas Padjajaran masa jabatan 2024-2029. Guru Besar Fakultas Kedokteran ini terpilih berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan oleh Majelis Wali Amanat (MWA).

Arief terpilih dari dua kandidat calon lainnya, yakni Prof. Popy Rufaidah dan Prof. Setiawan. Ketua MWA Unpad Prof Arief Yahya mengatakan, rektor terpilih nantinya akan dilantik berbarengan dengan Presiden Indonesia Prabowo Subianto.

"Kami telah melakukan proses pemilihan rektor. Terpilih yang terbaik rektor terpilih yang akan dilantik nanti 7 Oktober 2024; berbarengan dengan pelantikan presiden terpilih," kata Arief, Kamis (4/7/2024). 

1. Pelantikan sesuai dengan musyawarah anggota MWA

Arief S Kartasasmita Terpilih Jadi Rektor Unpad Periode 2024-2029pinterst

Pemilihan rektor dilakukan berdasarkan musyawarah mufakat di mana 15 anggota MWA sepakat memilih Arief sebagai Rektor Unpad menggantikan Rina Indiastuti yang akan habis masa jabatannya dalam waktu dekat ini.

"Berdasarkan aturan MWA, mekanisme ada dua, pertama itu adalah musyarawah dan mufakat, kedua seandainya musyawarah dan mufakat tidak terpenuhi baru voting. Tadi kami bisa musyawarah dan mufakat 100 persen dari 15 anggota MWA yang hadir memilih Prof. Arief," tuturnya.

2. Arif S. harus membawa Unpad ke peringkat 300 dunia

Arief S Kartasasmita Terpilih Jadi Rektor Unpad Periode 2024-2029(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Arief melanjutkan, rektor terpilih diberikan target untuk membawa Unpad berada di rangking 300 dunia. Selain itu, ia diminta untuk meningkatkan income Unpad dari Rp1,5 triliun menjadi Rp3 triliun.

"Targetnya lima tahun ke depan kami harapkan Unpad dapat rangking 300 dunia, sekarang 500. Kedua income dari Rp1,5 triliun jadi Rp3 triliun dan kesejahteraan mahasiswa dan karyawan," katanya.

3. Arief S. optimistis bisa mencapai target

Arief S Kartasasmita Terpilih Jadi Rektor Unpad Periode 2024-2029(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara, Arief S. Kartasasmita mengungkapkan, ia memiliki waktu tiga bulan untuk berkordinasi dan mematangkan program-program yang telah disusun sebelumnya demi memajukan universitas. Dia juga optimistis bisa mencapai semua target yang diberikan.

"Untuk masa tiga bulan ke depan saya harus menuntaskan pekerjaan saya membantu bu Rektor dan akan banyak berkordinasi dengan MWA agar Unpad bisa berjalan seperti yang diharapkan," kata dia.

Baca Juga: Ujian Mandiri Unpad 2024: Jadwal, Syarat, Materi Tes

Baca Juga: MWA Unpad Tetapkan Tiga Calon Rektor Pengganti Rina Indiastuti

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya