Anis Baswedan dan Ridwan Kamil Berpotensi Jadi Pasangan Capres 2024

Kemesraan keduanya viral di publik dalam kegiatan U20

Bandung, IDN Times - Pengamat politik dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof Karim Suryadi menilai bahwa Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan dan Gubernur Provinsi Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, berpotensi menjadi pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden dalam Pilpres 2024.

Penilaian ini diketahuinya berdasarkan kemesraan keduanya yang baru-baru ini viral di publik dalam Co-Chairs Indonesia pada Outreach Groups U20 Presidensi G20 Indonesia 2022 di Jakarta.

"Jika keduanya maju, tidak ada yang salah. Kapasitas, pengalaman, dan performance keduanya bagus. Sebagai gubernur, mereka menangani urusan yang dikelola presiden meski dengan lingkup dan skala yang berbeda. Jadi, gubernur adalah tangga menuju kepresidenan yang paling masuk akal," ujar Karim, Sabtu (19/2/2022).

1. Parpol harus pertimbangkan pasangan ini

Anis Baswedan dan Ridwan Kamil Berpotensi Jadi Pasangan Capres 2024IDN Times

Meski begitu, Karim bilang, keduanya dikenal bukan sebagai pimpinan atau kader partai politik. Padahal, sampai saat ini tiket capres seakan-akan sudah sepertu "diborong" oleh ketua partai.

"Hanya ini persoalannya. Apakah (pasangan ini) kartu mati ? Tidak, bahkan jika pimpinan parpol jeli, jarak yang dibangun RK dengan parpol misalnya, bisa menjadi nilai tambah dalam pandangan publik," ucapnya.

2. Keduanya memiliki kompetensi sama

Anis Baswedan dan Ridwan Kamil Berpotensi Jadi Pasangan Capres 2024ANTARA/Chairul Rohman

Karim menjelaskan, dalam kondisi seperti ini, performa parpol jelang Pilkada 2024 masih turun naik. Sehingga, penilaian terhadap calon yang bisa menjaga jarak sangat proporsional dengan partai akan menggugah simpati publik.

"Jadi, saya menilai (keduanya) tidak ada persoalan dalam hal kapasitas, kapabilitas, dan keberterimaan publik. Batu ujinya hanya ada pada parpol dalam memilih dan memajaukan kandidat," katanya.

3. Jika keduanya maju akan menambah kepercayaan publik

Anis Baswedan dan Ridwan Kamil Berpotensi Jadi Pasangan Capres 2024https://m.ayosemarang.com/read/2020/08/05/61500/anies-didesak-keluarkan-kebijakan-rem-darurat-ini-alasannya

Karim menekankan penting bagi parpol melihat duet ini sebagai upaya menghadirkan calon pemimpin nasional yang berkualitas sekaligus menggerek kepercayaan masyarakat terhadap parpol pengusung.

"Majunya orang seperti Anies dan RK, yang jelas punya kapasitas dan kapabilitas akan menambah kepercayaan publik terhadap parpol dan pemilu, sekaligus memunculkan harapan akan efikasinya (kemanjuran)," katanya.

4. Pemilu akan baik jika kontestan merupakan sosok berkompeten

Anis Baswedan dan Ridwan Kamil Berpotensi Jadi Pasangan Capres 2024Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Menurutnya, harapan perbaikan pasca-pemilu akan terwujud jika figur yang mengikuti kontestasi punya kemampuan dan pengalaman mewujudkan, menghadirkan birokrasi yang sehat, dan bekerja.

"Sebaliknya, jika yang maju hanya mereka yang punya modal kepartaian namun minim kemampuan dan pengalaman, apalagi jika mengandalkan silsilah dan golongan darah akan menjadi kabar buruk bagi masa depan demokrasi dan pembangunan," kata dia.

Baca Juga: Saat Anies Baswedan Tantang Ridwan Kamil 'Duel' di Rumput Hijau JIS

Baca Juga: Bursa Capres 2024: Nasdem Bidik Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya