Angin Puting Beliung Amuk 5 RW dan 6 RT di Babelan, Kabupaten Bekasi

Angin puting beliung sempat membuat panik warga 

Kabupaten Bekasi, IDN Times - Kejadian bencana alam puting beliung terjadi di Desa Babelan, Kecamatan Babelan Kota, Kabupaten Bekasi, Jumat (23/10/2020). Dari kejadian ini setidaknya ada lima RW dan enam RT terkena dampak.

Berdasarkan rekaman video yang diterima IDN Times, terlihat angin kencang merobohkan sejumlah kendaraan yang terparkir berjejer. Kemudian terlihat juga sejumlah gerobak pedagang kaki lima yang hampir terbawa angin. Adapun warga di lokasi terlihat ada yang hampir terbawa angin. 

1. Dari kejadian ini banyak bangunan rumah yang rusak

Angin Puting Beliung Amuk 5 RW dan 6 RT di Babelan, Kabupaten Bekasi(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat, Budi Budiman Wahyu mengatakan, kejadian ini terjadi pada pukul 13:10 WIB. Terdapat beberapa rumah warga di lima RW dan enam RT rusak.

"Tepat pada pukul 13:10 WIB cuaca hujan disertai angin kencang dari arah Barat daya di sekitar wilayah Desa Babelan kota, Kecamatan Babelan dan menyebabkan beberapa rumah warga mengalami kerusakan atap dan bangunan," ujar Budi saat dihubungi, Jumat (23/10/2020).

2. Angin terjadi dibarengi dengan hujan di siang hari

Angin Puting Beliung Amuk 5 RW dan 6 RT di Babelan, Kabupaten Bekasi(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Budi menerangkan, kejadian ini terjadi bertepatan dengan datangnya hujan pada siang hari. Angin pun bergerak dengan kencang dan merusak sejumlah bangunan rumah di wilayah Desa Babelan, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

"Kerusakan terjadi di RT 05 RW 005 ada 12 rumah warga, RT 07 RW. 005 ada 10 rumah warga, RT 06 RW 005 ada 8 rumah warga, RT 021 RW 02 ada 8 rumah warga, RT 08 RW. 006 ada 10 rumah dan RT 09 RW 006 juga 10 rumah," ungkapan.

3. BPBD Jabar masih koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bekasi

Angin Puting Beliung Amuk 5 RW dan 6 RT di Babelan, Kabupaten Bekasi(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Budi menambahkan, saat ini BPBD Jabar masih belum mendapat kabar terbaru kondisi di lapangan seperti apa. Budi menerangkan, BPBD Jabar masih terus melakukan koordinasi dengan pihak BPBD Bekasi.

"Kami masih koordinasi dengan BPBD Bekasi, jadi masih belum ada kabar lagi," ucapnya.

4. Kabupaten Bekasi diprediksi hujan sepanjang hari dan berawan di malam hari

Angin Puting Beliung Amuk 5 RW dan 6 RT di Babelan, Kabupaten BekasiIlustrasi Badai (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Bekasi hujan ringan sepanjang siang hari. Diperkirakan akan berawan di malam hari. Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini bagi masyarakat yang beraktifitas di wilayah Bekasi.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir antara sore hingga menjelang malam hari di wilayah Kab. Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kab. Bekasi, Kota Bekasi, Kab. Karawang, Kab. Purwakarta, Kab. Subang, Kab. Bandung Barat, Kab. Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kab Garut, Kab Sumedang.", demikian bunyi keterangan informasi yang dikutip IDN Times dari laman resmi BMKG, Jumat, (23/10/2020).

Baca Juga: Terbakar Cemburu, Pria Kabupaten Bandung Nekat Tikam Istri Siri

Baca Juga: Waspada La Nina, Wawakil Bandung Minta Mitigasi Bencana Diperketat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya