Ahmad Syaikhu Yakin ASIH Ungguli Demul-Erwan di Pilgub Jabar 2024

Suara Ahmad Syaikhu sempat melejit di Pilgub Jabar 2018-2023

Bandung, IDN Times - Presiden PKS Ahmad Syaikhu kini kembali berlayar ke Pilgub Jawa Barat ke dua kalinya. Kali ini, ia didampingi oleh putra mantan presiden BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie. Adapun keduanya sudah resmi terdaftar sebagai paslon di KPU Jawa Barat, Kamis (29/8/2024).

Pasangan ini diusung oleh tiga partai, PKS, NasDem, PPP. Perhelatan Pilgub Jawa Barat bukan sesuatu yang baru bagi Ahmad Syaikhu. Ia sebelumnya turut bertarung di periode 2018-2028 bersama Mayor Jenderal TNI (Purn.) Sudrajat. Saat itu keduanya diusung oleh PKS dan Gerindra.

"Pertama kaitannya tadi dengan saya memang ikut serta dalam kontestasi satu Pilkada ini untuk yang kedua di Jawa Barat," ujar Syaikhu usai mendaftarkan diri.

1. ASIH mencoba menjemput takdir

Ahmad Syaikhu Yakin ASIH Ungguli Demul-Erwan di Pilgub Jabar 2024(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dalam Pilgub Jawa Barat periode 2018-2023, keduanya melawan pasangan calon Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, kemudian TB Hasanuddin-Anton Carlian, dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Pada saat itu pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dinyatakan sebagai pemenang dengan perolehan suara 7.226.254 suara atau 32,88 persen dari jumlah pemilih sah. Kemudian, pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu memperoleh 6.317.465 suara atau 28,74 persen.

Raihan suara Sudrajat-Ahmad Syaikhu sangat berbeda jauh dengan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang memperoleh 5.663.198 suara atau 25,77 persen. Saat ini, Syaikhu kembali berhadapan dengan Dedi Mulyadi yang didampingi Erwan Setiawan dengan didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Syaikhu memastikan, dalam kontestasi Pilkada pertemuannya kembali dengan Dedi Mulyadi merupakan hal yang biasa.

"Saya kira biasalah dalam kontestasi yang namanya tadi, ya belum ditentukan menang, saya kira itu memang sudah ada guratan takdir dari Allah," katanya.

2. Ahmad Syaikhu berpengalaman dalam Pilkada

Ahmad Syaikhu Yakin ASIH Ungguli Demul-Erwan di Pilgub Jabar 2024(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Syaikhu sudah mengikuti kontestasi Pilkada bukan hanya di Pilgub Jabar saja, ia juga mengalami jatuh bangun hingga akhirnya menang dan menjadi Wali Kota Bekasi periode 2013-2018.

"Saya tiga kali mengikuti Pilkada, pertama di 2008 saya calon Wali Kota Bekasi belum ditakdirkan menang, tapi lima tahun kemudian saya diminta juga untuk maju sebagai calon wakil walikota Bekasi. Alhamdulillah menang," ujarnya.

Dengan begitu, pada Pilgub 2024 ini, Syaikhu turut mencoba menjemput takdir untuk merebut kursi orang nomor satu di Jawa Barat.

"Nah kemarin di 2018 saya diminta untuk menjadi calon wakil gubernur Jawa Barat, Allah SWT belum takdirkan menang. Mudah-mudahan Insya Allah 2024 ini ketika calon Gubernur Jawa Barat mudah-mudahan Allah takdirkan menang," katanya.

"Jadi ini semua kami serahkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala karena Allah akan pemilik kekuasaan ya," lanjut Syaikhu.

3. KPU Jabar pastikan pasangan ASIH lengkap

Ahmad Syaikhu Yakin ASIH Ungguli Demul-Erwan di Pilgub Jabar 2024(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Untuk diketahui, berkas pendaftaran pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie sudah dinyatakan lengkap oleh KPU Provinsi Jabar. Keduanya tinggal melalui beberapa tahap selanjutnya, yakni pemeriksaan kesehatan yang akan digelar di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, besok.

"Secara administratif lengkap dan tidak lengkap. Barusan terkonfirmasi dari teman kesekretariatan dan hasil koordinasi bersama dengan teman LO, pasangan ini dinyatakan lengkap dokumennya," kata Ketua KPU Provinsi Jabar, Ummi Wahyuni di sela menerima pasangan ASIH di Kantor KPU Jawa Barat, Kamis (29/8/2024).

Baca Juga: KPU Jabar: Berkas Pendaftaran Paslon ASIH Dinyatakan Lengkap! 

Baca Juga: Naik VW Kodok, Pasangan ASIH Resmi Daftar Pilgub Jabar

Topik:

  • Galih Persiana
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya