Ade Zakir Hasyim Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Bandung Barat

Ade gantikan Arsan Latif yang jadi tersangka kasus korupsi

Bandung, IDN Times - Sekda Kabupaten Bandung Barat Ade Zakir Hasyim resmi dilantik menjadi Pj Bupati Bandung Barat. Dia turut menggantikan penjabat sebelumnya, Arsan Latif yang terseret kasus dugaan korupsi Pasar Cigasong, Majalengka.

Ade dilantik oleh Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (15/6/2024) sore. Adapun pelantikan ini juga sesuai dengan ketetapan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Hari ini saya melantik saudara Ade Zakir Hasyim sebagai Pj Bupati Bandung Barat berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri," kata Bey.

1. Bey ingatkan soal integritas

Ade Zakir Hasyim Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Bandung Barat(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dalam sambutannya, Bey turut memberinya beberapa pesan pada Ade agar mengutamakan kepentingan masyarakat dalam mengambil kebijakan di Kabupaten Bandung Barat. Menurutnya hal itu harus dipegang teguh.

"Ingat tugas utama kita melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, prioritaskan penyelesaian masalah dan fokus pada program yang berdampak langsung pada masyarakat. Terjun langsung dan dengar langsung aspirasi mereka," jelas Bey.

Kemudian Bey juga mengingatkan soal pentingnya integritas, "Saya ingatkan integritas adalah fondasi utama kepemimpinan yang mengandalkan nilai kebenaran dan kejujuran," ucapnya.

2. Bey juga minta penanganan sampah dan perundungan

Ade Zakir Hasyim Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Bandung BaratDok. Humas Pemprov Jabar

Selain itu, Bey juga meminta Ade Zakir untuk menjaga netralitas jelang Pilkada serentak 2024 yang akan berlangsung November mendatang. Bey mendorong Ade agar turut mencari solusi terkait persoalan sampah dan perundungan.

"Jelang Pilkada saya tegaskan untuk menjaga netralitas dan tidak memihak, fokuskan pada kepentingan rakyat karena netralitas adalah cerminan kita dalam menjaga kepercayaan masyarakat," katanya.

"Soal sampah saya ingatkan agar memulai memilah sampah dari rumah dan soal perundungan, agar diperhatikan sebaik-baiknya, jangan lagi ada perundungan," lanjut Bey.

3. Bupati Bandung Barat sudah banyak terjerat korupsi

Ade Zakir Hasyim Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Bandung BaratPj Bupati Bandung Barat Arsan Latif. (Istimewa)

Untuk diketahui, pusaran korupsi bupati Bandung Barat sendiri sudah terjadi tiga kali kepemimpinan. Pertama, Abubakar, Bupati Bandung Barat periode 2008-2013 dan 2013-2018 telah divonis 5 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp200 juta setelah terbukti melakukan tindak pidana korupsi penggalangan dana ke sejumlah kepala dinas untuk pencalonan istrinya dalam Pilkada 2018.

Kedua, Aa Umbara Sutisna, Bupati Bandung Barat periode 2018-2023 juga terseret kasus korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi Covid-19 pada Dinas Sosial Pemkab Bandung Barat tahun 2020.

Ketiga, Arsan Latif. Meski kasusnya tidak terjadi di Kabupaten Bandung Barat, namun penetapan Arsan dalam kasus korupsi menambah noda hitam bupati KBB yang tidak bersih dari kasus korupsi.

Baca Juga: Zulhas Pastikan Bima Arya dan Demul Maju Pilgub Jabar

Baca Juga: Arsan Latif Dicopot, Ade Resmi Jadi Plh Bupati Bandung Barat 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya