99 Orang Prajurit Secapa AD kembali Dinyatakan Negatif Corona

Masih ada ratusan prajurit yang dinyatakan positif corona

Bandung, IDN Times - Dari total 1.308 pasien positif COVID-19 di kluster Secapa AD, ada 99 orang yang kembali dinyatakan negatif pada Jumat (31/7/2020). Dengan demikian, sampai hari ini sudah ada 1.093 orang atau 83,5 persen dari total pasien klaster Secapa AD yang telah dinyatakan bebas COVID-19.

Kepala Dinas Penerangan AD Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan, 99 orang tersebut dinyatakan negatif COVID-19 setelah melakoni swab test lanjutan yang dilakukan beberapa hari lalu.

"Hasil Lab PCR dari swab lanjutan pasien di Secapa AD sampai dengan siang ini, ada 99 pasien lagi yang dinyatakan negatif," ujar Firdaus berdasarkan keterangan resmi yang diterima IDN Times, Jumat (31/7/2020).

1. 16.5 persen masih dinyatakan positif COVID-19

99 Orang Prajurit Secapa AD kembali Dinyatakan Negatif CoronaDok.IDN Times/Istimewa

Dengan demikian, dari hasil tersebut masih ada sisa 215 orang prajurit menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan positif. Jika dibentuk persentase, maka ada 83.5 persen yang sudah dinyatakan negatif.

"Pasien positif COVID-19 di Secapa AD, pada pagi ini sudah berkurang 1.093 orang atau 83.5 persen sudah menjadi negatif dan tinggal 215 orang atau 16,5 persen yang masih positif," tutur Firdaus.

2. Beberapa prajurit yang sudah dinyatakan negatif menjalani pemeriksaan lebih lanjut

99 Orang Prajurit Secapa AD kembali Dinyatakan Negatif CoronaDok.IDN Times/Istimewa

Firdaus menambahkan, gelombang pertama Donor Plasma Convalesence terdiri dari 70 Prajurit di Pusdik Pom yang telah negatif COVID-19. Mereka kini sudah menjalani pemeriksaan lanjutan untuk memastikan kembali kesehatan prajurit.

"Pagi ini kami menjalani pemeriksaan serum darah untuk memastikan bebas penyakit menular dan memiliki antibodi yang cukup," katanya.

3. Kasad sebut ratusan prajurit masih positif corona

99 Orang Prajurit Secapa AD kembali Dinyatakan Negatif CoronaKASAD Jenderal TNI Andika Perkasa (Dok. ANTARA News)

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 990 personel Sekolah Calon Perwira (Secapa) Angkatan Darat dinyatakan sembuh dari COVID-19. Ratusan personel tersebut dinyatakan negatif setelah menjalani tes usap atau swab test terbaru.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan, per hari Selasa (28/7/2020), personel di Secapa AD Bandung yang dinyatakan positif terpapar COVID-19 tersisa 318 personel.

"Perkembangan Secapa AD sudah bagus. Dari 1.308 personel positif, itu tinggal 318 personel per hari ini. Berarti selebihnya sudah negatif," kata Andika. 

4. Sejumlah prajurit sudah diizinkan beraktivitas

99 Orang Prajurit Secapa AD kembali Dinyatakan Negatif CoronaKASAD Jenderal TNI Andika Perkasa (Dok. ANTARA News)

Andika menyampaikan, 318 personel yang belum sembuh itu kini berada di ruang isolasi di Secapa AD. Kondisi fisik ratusan personel yang positif COVID-19 itu dipastikan dalam kondisi baik atau tanpa gejala. Dia berharap kabar baik itu terus berlangsung sampai seluruh personel sembuh.

Ia menuturkan, dari 990 personel yang sudah dinyatakan sembuh, sebanyak 457 personel sudah aktif kembali menjalani pendidikan lanjutan. Para personel yang sudah aktif itu dibolehkan beraktivitas kembali berdasar hasil uji klinis terhadap para personel yang sudah sembuh.

Baca Juga: Sebanyak 7-8 RW Klaster Secapa AD Diizinkan Gelar Salat Idul Adha 

Baca Juga: Ahli Epidemiologi UI: PSBM Wilayah Secapa AD Bandung Kurang Optimal

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya