70 Ribu UMKM Bandung Belum Kebagian BLT Pemerintah 

Baru 170.000 UMKM di Kota Bandung yang mendapatkan BLT

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung menyatakan bahwa ada sebanyak 70 ribu lebih usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Bandung belum menerima bantuan langsung tunai (BLT) Rp 2.4 juta pada 2020.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, Atet Dendi Handiman menerangkan bahwa total penerima BLT dari Kementerian koperasi dan UMKM di Kota Bandung pada 2020 ada sebanyak 240.000 UMKM. Sedangkan yang mendapatkan bantuan baru 170.000 UMKM.

"Saat ini kami ingin kejelasan dahulu dari pemerintah pusat karena ada usulan kami belum terealisasi sebanyak 70.000 itu seperti apa," ujar Atet di Balai Kota Bandung, Kamis (25/3/2021).

1. Bantuan BLT tahun ini angkanya lebih kecil

70 Ribu UMKM Bandung Belum Kebagian BLT Pemerintah Foto hanya ilustrasi. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Angka 70.000 pelaku UMKM yang belum mendapatkan bantuan tergolong sangat besar. Oleh sebab itu, saat ini Pemkot Bandung tengah meminta penjelasan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah pusat soal kendala-kendala yang dialami UMKM ini.

"Program BLT untuk UMKM pada tahun 2021 akan dilanjutkan dengan nilai bantuan yang lebih kecil dari Rp2.4 juta menjadi Rp1.2 juta," ungkapnya.

2. Penerima BLT yang gagal harus diberikan penjelasan terlebih dahulu

70 Ribu UMKM Bandung Belum Kebagian BLT Pemerintah IDN Times/Dhana Kencana

Sebelum ada penjelasan resmi dari Kementerian Koperasi dan UMKM, Atet berharap agar pemerintah pusat dapat memberikan penjelasan mengenai kendala-kendala yang terjadi di lapangan.

"Kami inginnya seperti itu. Jadi yang belum ini diberikan dahulu penjelasannya mengapa tidak bisa dapat bantuan," katanya.

3. Alasan pasti masih belum diketahui Dinas UMKM Kota Bandung

70 Ribu UMKM Bandung Belum Kebagian BLT Pemerintah Ilustrasi UMKM(ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Atet menambahkan, 70.000 UMKM yang belum mendapatkan jatah BLT pada 2020 akan diprioritaskan dan masuk pada daftar penerima 2021. Disinggung soal kelengkapan berkas penerima bantuan apakah sudah sesuai prosedur atau belum, Atet mengaku belum mendapatkan keterangan pasti.

"Jadi kita tunggu saja penjelasannya seperti apa. Kalau penurunan nominal bantuan itu dari pusat yang menentukan," katanya.

4. UMKM yang sudah dapat BLT tidak bisa mendaftar lagi

70 Ribu UMKM Bandung Belum Kebagian BLT Pemerintah Ilustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Bagi pelaku UMKM di Kota Bandung yang hendak mengajukan BLT, bisa langsung melakukan pendaftaran melalui lima lembaga yang sudah ditentukan pemerintah di antaranya BRI, Pegadaian, dan Dinas Koperasi dan UMKM kota/kabupaten.

"Kalau yang sudah dapat bantuan tidak dapat lagi mengusulkan. Penyalurannya kita akan koordinasi," kata dia.

Baca Juga: Kegiatan UMKM Menurun di Kuartal IV-2020, Pelaku UMKM Tetap Optimistis

Baca Juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Pertamina Dukung UMKM Sociopreneur 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya