Comscore Tracker

50,89 Ton Liquid Oksigen Sudah Disalurkan ke RS COVID-19 Se-Jabar

Tabung oksigen juga diberikan ke RS COVID-19 di Jabar

Bandung, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) pengendalian tabung oksigen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) sudah menyalurkan 50,89 ton liquid oksigen kepada rumah sakit di Jabar. Bantuan ini tercatat sejak awal Juli 2021.

Taufiq Budi Santoso, Asisten Daerah (Asda) Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar mengatakan, bantuan terkumpul berkat kolaborasi Satgas Oksigen Jabar dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta.

"Selain 50,89 ton liquid oksigen yang sudah disalurkan, ribuan tabung oksigen juga sudah dikirim ke rumah sakit-rumah sakit," ujar Taufik, Rabu (21/7/2021).

1. Posko tabung oksigen Jabar tetap menyiapkan cadangan untuk keperluan mendesak

50,89 Ton Liquid Oksigen Sudah Disalurkan ke RS COVID-19 Se-JabarIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Adapun rincian bantuan itu, 300 tabung berukuran enam meter kubik, dan 100 tabung berukuran satu meter kubik dari Baznas Jabar, 200 tabung berukuran enam meter kubik dari swasta maupun perorangan, 1.466 tabung berukuran 10 meter kubik dari Singapura, dan 200 tabung berukuran enam meter kubik dari Kemenkes.

"Posko Oksigen Provinsi berupaya untuk menyimpan buffer stock dalam jumlah cukup, yang secara bergilir akan dikirimkan ke rumah yang kebutuhannya sangat mendesak," katanya.

2. Pemprov Jabar sudah merespons kelangkaan tabung oksigen di RS Immanuel

50,89 Ton Liquid Oksigen Sudah Disalurkan ke RS COVID-19 Se-JabarIlustrasi tabung oksigen medis (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).

Merespons kejadian Rumah Sakit Immanuel, di mana Kota Bandung mengalami kelangkaan tabung oksigen pada beberapa hari kemarin, Taufik mengatakan, Pemprov Jabar sudah sigap memberikan bantuan.

Oksigen yang dikirim ke Rumah Sakit Immanuel berupa 15 tabung ukuran enam meter kubik, 22 tabung ukuran 1 meter kubik dan 3 VGL dari distributor PT. Sari Angin. Satgas Oksigen Jabar pun mengirim 16 tabung ukuran 1 meter kubik dari buffer stock Posko Oksigen Jabar.

"Telah dikirimkan 3 ton oksigen liquid dari PT. Samator Cibitung yang bersumber dari bantuan Kemenkes RI sebagai hasil komunikasi di Posko Oksigen Jabar," kata Taufik.

3. Pemprov Jabar terus menambah kebutuhan oksigen untuk pasien COVID-19 di rumah sakit

50,89 Ton Liquid Oksigen Sudah Disalurkan ke RS COVID-19 Se-JabarIlustrasi tabung oksigen medis (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Pemprov Jabar terus menjalin kerja sama dengan BUMN dan swasta untuk mendukung kebutuhan oksigen di Jabar. Baru-baru ini, PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang,sudah mengirim 10 ton liquid oksigen ke Jabar.

Selain itu, Tanoto Foundation yang sudah memasok 46 ton oksigen pada tahap I. Adapun saat ini, dikatakannya, Pemprov Jabar dan Tanoto Foundation sedang menyiapkan proses pengiriman oksigen tahap II.

"Sedangkan untuk pengisian ulang dengan PT. Krakatau Steel untuk rumah sakit di Jabar sampai saat ini berjumlah 1.977 tabung oksigen," kata dia.

Baca Juga: IDI Jabar Minta Pemprov Jabar Perhatikan Pasokan Oksigen Rumah Sakit

Baca Juga: Dikawal Tiga Polda, Pemprov Jabar Terima 10 Ton Oksigen dari PT Pusri

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya