5 Tahun Menjabat, Ridwan Kamil Revitalisasi Belasan Situ

Pembangunan situ dilakukan agar meningkatkan perekonomian

Bandung, IDN Times - Masa jabatan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Emil akan berakhir pada 5 September 2023. Selama menjabat periode 2018-2023, Emil telah membuat banyak perubahan melalui berbagai program.

Dalam pembangunan infrastruktur, mantan Wali Kota Bandung ini fokus pada pembangunan infrastruktur publik untuk meningkatkan indeks kebahagiaan dan ekonomi masyarakat. Salah satunya revitalisasi menyasar danau atau situ.

1. Revitalisasi situ dilakukan agar meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat dan perekonomian

5 Tahun Menjabat, Ridwan Kamil Revitalisasi Belasan Situ(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kabid Konstruksi Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jabar, Bambang Sumantri mengatakan, selama Gubernur Ridwan Kamil menjabat sejak 2018-2023 ada 14 situ yang sudah direvitalisasi.

"Revitalisasi situ itu proyek strategisnya Jabar. Ini sangat erat dengan peningkatan ekonomi dan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Jabar," kata Bambang saat Diskusi Galang Aspirasi Politik (Gaspol) di Kota Bandung, Selasa (8/8/2023).

Bambang menambahkan, revitalisasi situ akan dirasakan manfaatnya setelah selesai ditata. Selain ekonomi warga sekitar yang ikut terdongkrak, masyarakat pun senang ketika bisa menikmati situ.

"Penataan situ berdampak pada indeks kebahagiaan masyarakat yang meningkat," katanya.

2. Ada 14 situ yang sudah berhasil direvitalisasi

5 Tahun Menjabat, Ridwan Kamil Revitalisasi Belasan SituSitu Bagendit (Instagram.com/ wisata_garut)

Adapun 14 situ itu yang selesai dibangun ini yaitu; Situ Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat (2021), Situ Wangi, Ciamis (2021), Situ Gede, Kota Bogor (2022), Situ Rawakalong, Kota Depok (2022), Situ Gede, Kota Tasikmalaya (2022), Kalimalang, Kota Bekasi (2021).

Selanjutnya, Waduk Darma, Kabupaten Kuningan (2022), Situ Salam, Kabupaten Bogor (2022), Situ Kabantenan, Kabupaten Bogor (2022), Situ Kemang, Kabupaten Bogor (2022), Situ Taman, Kabupaten Bogor (2023), Situ Kandangsapi, Kabupaten Bogor (2023), Situ Panjalu, Kabupaten Ciamis (2023) dan Situ Jatijajar, Kota Depok (2023).

3. Selain situ ada juga pembangunan irigasi

5 Tahun Menjabat, Ridwan Kamil Revitalisasi Belasan SituGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain revitalisasi situ, Pemprov Jabar juga memberikan perhatian terhadap irigasi untuk mensejahterakan pertanian masyarakat. Adapun rehabilitasi jaringan irigasi yang dilakukan dibagi dalam dua tahap yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK).

Pada 2019-2022 terdapat tujuh irigasi yang jaringan irigasinya dimaksimalkan oleh Pemprov Jabar. Antara lain; Daerah Irigasi (DI) Cimulu, Kota Tasikmalaya, DI Cipanas Satu, Kabupaten Indramayu, DI Cikeruh, Kabupaten Majalengka, DI Cikamangi Kabupaten Majalengka, DI Cijangkelok Kabupaten Kuningan, DI Padawaras Kabupaten Tasikmalaya dan DI Cibanjaran, Kabupaten Tasikmalaya.

Sedangkan tujuh DI yang direhabilitasi pada 2022-2023 adalah DI Sususkan Gede Kabupaten Cianjur, DI Cikarang-Nguwulung Kabupaten Sukabumi, DI Cipalebuh Kabupaten Garut, DI Biuk Kabupaten Tasikmalaya, DI Merjan Kabupaten Pangandaran, DI Lame Kabupaten Kuningan dan DI Cigasong Kabupaten Majalengka.

Baca Juga: 5 Situ yang Direvitalisasi Ridwan Kamil, Mampir ke Sana Bikin Happy!

Baca Juga: Diharapkan Menambah PAD, Ridwan Kamil Resmikan Destinasi Situ Gede

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya