5 Kabupaten dan Kota di Jabar Masih Rendah dalam Imunisasi Anak

Satu di antara lima daerah itu ada Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Sebanyak lima kabupaten dan kota di Jawa Barat (Jabar) masih rendah dalam mencapai target imunisasi anak. Rendahnya imunisasi pada anak itu disebabkan oleh kendala di lapangan, buntut dari pandemik COVID-19.

Adapun lima daerah yang dinyatakan masih rendah ini yaitu Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jabar, Ryan Bayu Santika Ristandi mengatakan, kelima daerah itu akan menjadi prioritas target percepatan imunisasi pada anak.

"Selain lima daerah itu, cakupan imunisasi memang kurang baik di seluruh Jabar. Sehingga, semua daerah turut jadi prioritas," ujar Ryan, Selasa (2/8/2022).

1. Cakupan imunisasi Jabar baru 83 persen

5 Kabupaten dan Kota di Jabar Masih Rendah dalam Imunisasi AnakIlustrasi suntikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Ryan menjelaskan, cakupan Jabar setelah pandemik COVID-19 ini sekitar 83 persen. Angka itu menurutnya masih belum sesuai target, di mana artinya pandemik membuat proses imunisasi sangat terhambat.

"Kita tingkatkan lagi minimal 95 persen. Target kita di bulan imunisasi nasional nanti bisa mencapai itu," ucapnya.

2. Imunisasi anak mulai digenjot kembali

5 Kabupaten dan Kota di Jabar Masih Rendah dalam Imunisasi AnakMurid SD Negeri Kaliasin V mengantre untuk divaksin saat pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (15/10/2020). ANTARA FOTO/Moch Asim

Jika tidak terdampak pandemik COVID-19, Ryan menjelaskan, target imunisasi anak bisa sudah melebihi target. Sebab, beberapa tahun sebelumnya Jabar sudah pernah mencapai target itu.

"Sebetulnya kita punya sejarah, 2017 kita sudah berhasil mencapai lebih 90 persen dan di bulan imunisasi anak nasional tahun ini, Jabar bisa capi tersebut dan melebihi," ungkapnya.

3. Diharapkan pada 2023 campak bisa dieliminasi

5 Kabupaten dan Kota di Jabar Masih Rendah dalam Imunisasi Anakantara

Pemprov Jabar sendiri kini menyiapkan 3,36 juta dosis untuk bulan imunisasi anak nasional. Jenis imunisasi yang akan diberikan ada berbagai macam mulai dari Campak dan Rubella, Titanus, Influensa, Hepatitis B, dan Polio.

Adapun gelaran itu akan dilakukan pada 21 Agustus 2022 sampai awal September 2022.

"Diharapkan kita bisa selesaikan, bisa menghilangkan, mengeliminasi campak ini di 2023 dan kita follow up sampai 2026," katanya.

Baca Juga: Pemprov Jabar Dorong Remaja Segera Suntik Vaksin Booster

Baca Juga: KMPPA Imbau Pemprov Jabar Lebih Serius Penuhi Hak Anak

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya