5 Daerah Masuk Miskin Ekstrem, Ini Cara Ridwan Kamil Menanggulanginya

Emil klaim Jabar sudah banyak program penanganan kemiskinan

Bandung, IDN Times - Wakil Presiden Ma'aruf Amin menyatakan bahwa ada lima daerah di Jawa Barat (Jabar) masuk dalam kategori miskin ekstrem. Untuk menangani persoalan ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar sudah membuat segudang program penanganan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, Pemprov Jabar memiliki tiga solusi yang sedang dijalankan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Solusi pertama adalah menurunkan beban pendapatan masyarakat, seperti sekolah gratis dan kesehatan gratis.

"Kedua, menekan angka kemiskinan dengan rutilahu. Ketiga, meningkatkan pendapatan melalui pemberdayaan usaha," ujar Emil melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu (29/9/2021).

1. Pemprov Jabar sudah banyak membuat program penanggulangan kemiskinan

5 Daerah Masuk Miskin Ekstrem, Ini Cara Ridwan Kamil MenanggulanginyaIlustrasi Kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, Pemprov Jabar memiliki program-program yang saat ini sudah berjalan untuk mengurangi angka kemiskinan di kabupaten dan kota. Seperti, program Kredit Mesra, kemudian program Satu Desa Satu Usaha.

"Dalam program itu sudah 3.000-an desa dan 5.000 tenaga usaha dalam tiga tahun. Lalu ada Satu Pesantren Satu Produk, kami baru sanggup 2.000-an pesantren punya usaha dalam tiga tahun dari 9.000 pesantren yang ada di desa-desa," jelasnya.

2. Program harus didukung penuh dengan anggaran

5 Daerah Masuk Miskin Ekstrem, Ini Cara Ridwan Kamil Menanggulanginya ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Penanggulangan kemiskinan harus melibatkan banyak pihak. Emil mengatakan, seluruh program yang sudah dicanangkan Pemprov Jabar diharapkan bisa turut mengurangi angka kemiskinan di kabupaten dan kota di Jabar.

"Serta kalau didukung APBN, program Satu Pesantren Satu Produk saya kira dalam 2024 bisa menjadi pengentasan kemiskinan berbasis pesantren," kata dia.

3. Wapres minta penanggulangan kemiskinan harus dikoordinasikan dengan pemerintah pusat

5 Daerah Masuk Miskin Ekstrem, Ini Cara Ridwan Kamil MenanggulanginyaWapres Ma'aruf Amin di Gedung Sate, Kamis (29/9/2021) (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres),
Ma'aruf Amin mengatakan bahwa ada lima kabupaten yang dikategorikan masuk golongan miskin ekstrem di Jabar. Kelima ini harus menjadi fokus perhatian pemerintah pusat dan daerah untuk memberikan penanganan.

"Kita harapkan akhir Desember bisa selesaikan kemiskinan ekstrimnya. Ada dua upaya kita lakukan, perlindungan sosial dan pemberdayaan. Ini akan kita lakukan melalui rapat koordinasi dengan lima kabupaten," jelasnya.

Adapun lima kabupaten ini yaitu: Kabupaten Karawang, Indramayu, Cianjur, Kuningan, dan Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Ridwan Kamil: APBD Jabar 2021 Berpotensi Turun 12,98 Persen

Baca Juga: Jokowi Targetkan Berantas Tuntas Kemiskinan Ekstrem di 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya