4 Objek Wisata Susur Gua di Jabar, Cocok untuk Liburan Outdoor

4 objek wisata ini tersebar di seluruh wilayah Jabar

Bandung, IDN Times - Berwisata di wilayah Jawa Barat tak akan pernah ada habisnya. Banyak pilihan objek wisata yang bisa dikunjungi di 27 kabupaten kota di Jawa Barat. Wisata alam susur gua dengan pemandangan indah bisa menjadi alternatif kunjungan yang bisa dilakukan di waktu libur.

Setidaknya ada empat gua yang bisa dikunjungi di wilayah Jabar seperti di Kabupaten Cirebon, Pangandaran, Bandung Barat.

Berikut 4 objek wisata susur gua yang bisa kalian kunjungi di wilayah Jabar:

1. Gua Parat, Pangandaran

4 Objek Wisata Susur Gua di Jabar, Cocok untuk Liburan OutdoorIlustrasi Gua (IDN Times/Dwi Agustiar)

Gua Parat terletak di Kawasan Hutan Lindung atau cagar alam di Kabupaten Pangandaran. Untuk bisa menyusuri gua, wisatawan bisa menggunakan jasa pemandu dari warga lokal. Interior Gua Parat pun semakin melebar begitu traveler berjalan masuk ke dalamnya.

Kemudian, dekat mulut Gua Parat terdapat dua makam sosok penyebar agama Islam, yaitu Pangeran Kasepuhan (Syekh Ahmad) dan Pangeran Kanoman (Syekh Muhammad). Sehingga, wisatawan bisa sekaligus wisata religi.

Lokasi Gua Parat hanya berdurasi 10 menit bila ditempuh dari kawasan wisata Pantai Pangandaran. Untuk menggunakan jasa pemandu wisata, traveler cukup mengeluarkan kocek Rp 50 ribu - Rp 100 ribu untuk dua orang dan bisa menjelajahi gua yang tersambung ke bibir pantai timur Pangandaran itu sepuasnya.

2. Wisata Goa Sunyaragi, Cirebon

4 Objek Wisata Susur Gua di Jabar, Cocok untuk Liburan OutdoorGua Sunyaragi (instagram.com/christianhariyanto)

Taman Air Gua Sunyaragi merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Cirebon, Jawa Barat. Gua ini merupakan salah satu peninggalan dari sejarah panjang kesultanan di Cirebon.

Hal itu sesuai dengan namanya, yakni berasal dari kata Sunya yang bermakna sunyi, sedangkan Ragi bermakna jiwa. Kendati begitu, objek wisata ini tetap boleh dikunjungi oleh umum.

Berdasarkan catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jabar, luas Taman Air Gua Sunyaragi sekitar 15.000 meter persegi. Pemandangan di Taman Gua Sunyaragi memanjakan wisatawan. Bentuknya yang mirip dengan candi, kian memanjakan wisatawan.

Di dalam kompleks Gua Sunyaragi, terdapat beberapa gua seperti Gua Peteng, Gua Simanyang, Gua Padang Ati, Gua Pawon, Gua Argajumut yang masing-masing dari gua tersebut memiliki makna tersendiri. Satu persatu gua itu dihubungkan oleh rongga yang besar.

Bangunan Taman Air Gua Sunyaragi didominasi dengan motif wedasan dan mega mendung. Bentuknya menyerupai batu karang. Unik. Dua motif ini sering kita lihat dalam batik khas Cirebon.

Letak Gua Sunyaragi berada di Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, atau dapat ditempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Cirebon. Untuk bisa masuk ke araea wisata, traveler cukup merogoh kocek Rp 10 ribu.

3. Goa Pawon, Bandung Barat

4 Objek Wisata Susur Gua di Jabar, Cocok untuk Liburan OutdoorPesona Jatim

Gua Pawon terletak di kawasan Karst Citatah yang terkenal dengan bebatuan purbanya di Kabupaten Bandung Barat. Gua di antara pegunungan kapur ini juga lekat dengan hikayat Sangkuriang. Konon, Dayang Sumbi yang merupakan ibunda dari Sangkuriang dikisahkan pernah tinggal di dalam Gua Pawon sebelum bertemu kembali dengan Sangkuriang di sekitar Tangkuban Perahu saat ini.

Gua Pawon beralamat di Kp. Cibukur, Gunungmasigit, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Traveler cukup merogoh kocerk Rp5 ribu-Rp10 ribu untuk bisa menjelajahi gua purba ini.

Gua ini merupakan salah satu bukti otentik eksistensi Danau Bandung Purba. Beberapa waktu lalu, arkeolog dari Universitas Padjadjaran (Unpad) melakukan eskavasi di Gua Pawon. Di sini, ilmuwan menemukan kerangka, gigi, tembikar, hingga mata tombak yang digunakan manusia purba untuk berburu.

4. Sanghyang Kenit, Kabupaten Bandung Barat

4 Objek Wisata Susur Gua di Jabar, Cocok untuk Liburan Outdoorinstagram.com/ramdanauthentic

Secara administratif, Sanghyang Kenit ini terletak di Cisameng, Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Lokasinya dekat dengan PLTA Rajamandala.

Pengunjung yang bermaksud wisata goa di sini akan dipandu oleh pemandu lokal dengan tarif Rp150 ribu per 10 orang. Penelusuran gua eksotis ini cukup menantang karena akan melewati celah gua yang sempit dan licin.

Perjalanan menelusuri gua akan memakan waktu sekitar 45 menit. Bila air sedang tinggi, wisatawan bisa melakukan tubing dari Sanghyang Tikoro yang menjadi pintu keluar gua menuju titik awal Sanghyang Kenit.

Baca Juga: 5 Objek Wisata Pedesaan di Jabar, Cocok Jadi Tempat Berlibur Keluarga

Baca Juga: Cerita Anies, Ridwan Kamil, dan Ganjar Bertemu di Bandung Malam-Malam

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya