4 Bapasalon Pilgub Jabar Serahkan Perbaikan Dokumen Pendaftaran

KPU Jabar segera lakukan penelitian kembali

Bandung, IDN Times - Seluruh bakal pasangan calon (Bapaslon) Pilgub Jawa Barat telah menyerahkan berkas perbaikan administrasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berkas nantinya akan tetap diteliti terlebih dahulu sebelum nantinya ditetapkan sebagai pasangan calon tetap.

Ketua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni mengatakan, seluruh berkas perbaikan sudah diterima dari para Bapaslon. Adapun hal ini merupakan tindak lanjut dari pemberkasan syarat Pilgub Jabar yang sebelumnya belum memenuhi syarat pada 4 September kemarin.

"Sampai tadi (8 September) malam. Alhamdulilah 4 paslon sudah melengkapi pemberkasan dari kekurangan-kekurangan (yang telah disampaikan)," ujar Ummi saat ditemui di kantor KPU Provinsi Jabar, Senin (9/9/2024).

1. Berkas tidak langsung disahkan

4 Bapasalon Pilgub Jabar Serahkan Perbaikan Dokumen PendaftaranKetua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Adapun empat pasangan calon ini yaitu, Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie, Acep Adang Ruhiat-Gita KDI, Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja. Berkas seluruh Bapaslon akan diteliti pekan ini.

"Dan nanti tahapannya sampai tanggal 14-21 kita akan melakukan penelitian administrasi kembali terkait dengan dokumen-dokumen yang telah diperbaiki," jelasnya.

2. Klarifikasi terhadap instansi terkait akan ditempuh

4 Bapasalon Pilgub Jabar Serahkan Perbaikan Dokumen PendaftaranKetua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Setelah itu, lanjut Ummi, KPU Jawa Barat akan melakukan pembukaan tanggapan masyarakat di tanggal 22 September 2024. Jika terdapat berkas yang belum lengkap, Ummi memastikan Bapaslon masih tetap bisa melakukan pemberkasan sesuai tengat waktu yang sudah ditentukan.

"Kita kan melalukan penelitian administrasi perbaikan ini sampai tanggal 14, nanti setelah itu kita juga bisa melakukan klarifikasi bisa kepada parpol, Paslonnya, ataupun instansi masih kita ragukan terkait dokumen yang diserahkan," jelasnya.

Disinggung soal berkas apa saja yang sudah dilengkapi, Ummi memastikan seperti keabsahan dari ijazah para Bapaslon.

"Banyak, salah satunya seperti ijazah, lalu berkaitan dengan pajak. Jadi lebih kepada administratif, karena untuk pemeriksaan kesehatan semua Paslon tidak ada masalah, jadi rata semuanya (melalukan perbaikan).

3. KPU Jabar sempat kesulitan verifikasi ijazah Ilham Habibie

4 Bapasalon Pilgub Jabar Serahkan Perbaikan Dokumen Pendaftaran(Istimewa)

Sebelumnya, Komisioner KPU Jabar, Adi Saputro menjelaskan, berdasarkan tahapan penetapan pasangan calon, setelah pendaftaran dilakukan verifikasi administrasi dan faktual semua Bapaslon, hasilnya masih belum memenuhi syarat.

"Sesuai degan hasil terhadap Bapaslon masih belum memenuhi syarat dan masih perlu perbaikan sesuai ketentuan," ujar Adi, Kamis (5/9/2024).

Meski begitu, Adi memastikan ada Bapaslon yang sudah memenuhi beberapa persyaratan, hanya saja dengan kondisi mayoritas banyak belum lengkap, KPU Jabar meminta semua pemberkasan diperbaiki sebelum penetapan pasangan calon.

"Tetapi karena semuanya belum memenuhi sayarat, walaupun memang sudah ada beberapa yang memenuhi syarat. Sehingga, kami tentukan hari ini seluruh bakal pasangan calon belum memenuhi syarat," katanya.

Salah satu yang kini turut menjadi kendala juga soal verifikasi Ijasah dari Ilham Akbar Habibie, pasangan dari Ahmad Syaikhu. Adapun Ilham menempuh pendidikan terakhirnya di Jerman, KPU Jabar kesulitan untuk memverifikasi langsung.

"Termasuk ijazah Ilham Habibie karena kami tidak diperkenankan melakukan verifikasi ke Jerman, jadi kami verifikasinya ke Kemendikbudristek. Verifikasi keabsahan ijazah, penyetaraan, dan segala sesuatu yang sesuai ketentuan UU Pendidikan Nasional," kata dia.

Baca Juga: PKS Mulai Panaskan Mesin Partai untuk Menangkan ASIH di Pilgub Jabar 

Baca Juga: Daftar Anggota Fraksi DPRD Jabar Masa Jabatan 2024-2029

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya