37 Juta Warga Jabar Diprediksi Berangkat Mudik Lebaran 2024

Tujuan mudik tertinggi masih dalam Provinsi Jawa Barat

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat memprediksi sebanyak 83 persen atau setara 37 juta masyarakat di 27 kabupaten dan kota melakukan perjalanan mudik lebaran 2024. Tujuan pemudik ini rata-rata masih di dalam provinsi.

Kepala Dishub Jawa Barat, Koswara Hanafi mengatakan, pemudik di dalam provinsi biasanya hanya melakukan perjalanan dari kota ke kabupaten tertentu. Menurutnya, jarak juga tidak terlalu jauh.

"Tujuan mudik tertinggi di Jawa Barat pada masa tahun 2024 adalah Garut, Bandung, dan Ciamis," ujar Koswara, Selasa (26/3/2024).

1. Dishub Jawa Barat sediakan mudik gratis

37 Juta Warga Jabar Diprediksi Berangkat Mudik Lebaran 2024ilustrasi makan bersama saat lebaran(pexels.com/RDNE Stock project)

Untuk mengurangi tingkat penggunaan kendaraan roda dua di masa mudik lebaran 2024, Koswara mengungkapkan, Dishub Jawa Barat telah menyiapkan total 3.199 tiket yang terbagi ke beberapa tujuan mulai dari Yogyakarta, Solo, Sukabumi, Garut, Ciamis, Pangandaran, Tasikmalaya dan Cilegon.

Jumlah itu, kata dia, belum masuk dalam program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan, Pemprov DKI, Pemprov Banten dan beberapa pemeirntah kab/kota di Jawa Barat termasuk BUMN dan swasta.

"Jadi, data sementara yang kami terima total penyelenggaraan mudik gratis di Jawa Barat sebanyak lebih dari 9.000 penumpang," kata Koswara.

2. Arus mudik diprediksi akan terjadi 6 April 2024

37 Juta Warga Jabar Diprediksi Berangkat Mudik Lebaran 2024ilustrasi arus mudik (pexels.com/Pixabay)

Koswara menambahkan, mudik gratis diselenggarakan dalam rangka mengurangi kendaraan pribadi khususnya kendaraan sepeda motor, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran di kampung halamannya.

"Berdasarkan prediksi puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 6 April 2024, sedangkan puncak arus balik pada tanggal 14 April 2024," katanya.

3. Jasa Marga prediksi 1,8 juta kendaraan di Jabodetabek berangkat mudik lewat tol

37 Juta Warga Jabar Diprediksi Berangkat Mudik Lebaran 2024ilustrasi kepadatan arus mudik (istockphoto.com/kichigin)

Berdasarkan hasil riset di seluruh Indonesia pada masa lebaran 2024 diperkirakan sebanyak 193,6 juta orang melakukan pergerakan mudik. Tujuan yang menjadi dominasi masyarakat Jawa Barat yaitu di dalam provinsi (47 persen) dan ke Jawa Tengah (27 persen) serta Jawa Timur (10 persen).

Jawa Barat menjadi wilayah tujuan pemudik di Indonesia terbanyak ke-3 setelah Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu sebanyak 16,59 persen atau 32,1 juta orang yang akan datang ke Jawa Barat.

Sementara, Jasa Marga menyatakan, jumlah kendaraan yang akan melakukan mudik lebaran 2024 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) melalui jalan tol ada sebanyak 1,8 juta.

"Prediksi secara keseluruhan ada 1,8 juta kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabodetabek pada H-7 dan hari kedua Idul Fitri," ujar General Manager, Jasa Marga Metropolitan Toll Road Regional Division, Widiyatmoko, Sabtu (23/3/2024).

Dari jumlah itu, volume kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek, kata Widiyatmoko mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan 2023 dan pada tahun sebelum-sebelumnya. Sehingga, mudik tahun ini diyakininya akan lebih ramai.

"Total volume lalu lintas meninggalkan Jabodetabek ini meningkat 5,94 persen jika dibandingkan dengan periode hari raya Idul Fitri 2023," kata dia.

Baca Juga: Diterpa Banjir Longsor, Jabar Belum Terapkan Status Darurat Bencana

Baca Juga: DBD di Jabar Sentuh 11.729 Kasus, 105 di Antaranya Meninggal

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya