2023: Kunjungan Wisatawan Kota Bandung Capai 7,7 Juta Orang

Kota Bandung dibanjiri wisatawan domestik

Bandung, IDN Times - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, mencatat angka kunjungan wisatawan selama tahun 2023 mencapai 7,7 juta turis. Angka itu didominiasi oleh wisatawan dalam negeri.

Kepala Disbudpar Kota Bandung, Arief Syaifudin mengatakan, jumlah wisatawan luar negeri yang datang ke Kota Bandung hanya lima persen dari total 7,7 juta turis. Sementara, 95 persen di antaranya wisatawan lokal Indonesia.

"Perhitungan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Bandung selama tahun 2023 menembus di angka 7,7 juta turis, dengan proporsi 95 persen wisatawan nusantara dan 5 persen wisatawan mancanegara," ujar Arief, Sabtu (20/1/2024).

1. Wisatawan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya

2023: Kunjungan Wisatawan Kota Bandung Capai 7,7 Juta Orangilustrasi perjalanan menuju bandara (pexels.com/Oleksandr P)

Arief mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan pada 2023 itu tergolong mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal itu menurutnya merupakan efek dari beberapa program yang telah dibuat oleh pemerintah di Kota Bandung.

"Jumlah kunjungan wisatawan pada 2022 diperkirakan mencapai 6,6 juta turis dan di 2023 itu mengalami kenaikan sekitar 17 persen," ungkapnya.

2. Angka diambil dari okupansi hotel saat libur

2023: Kunjungan Wisatawan Kota Bandung Capai 7,7 Juta Orangilustrasi explore berbagai tempat wisata (pexels.com/DreamLens Production)

Lebih lanjut, Arief menambahkan, data kunjungan wisatawan ini diambil berdasarkan jumlah hunian hotel di Kota Bandung selama periode 2023. Dari data itu ditemukan jumlah kunjungan wisatawan yang berlibur di wilayah Bandung.

"Jadi angka ini adalah hasil kajiannya, persentase wisatawan yang menginap di Kota Bandung selama 2023," katanya.

3. Kenaikan jadi dampak positif dari Whoosh

2023: Kunjungan Wisatawan Kota Bandung Capai 7,7 Juta OrangKereta Cepat Whoosh (Dok. KCIC)

Arief juga berkomentar soal efek wisatawan dari kehadiran Kereta Cepat Whoosh yang dioperasikan penuh sejak 17 Oktober 2023 lalu. Menurutnya, hal itu turut memberi dampak yang cukup besar terhadap peningkatan kunjungan wisatawan Bandung.

"Kalau sekarang memang Kereta Cepat Whoosh memberikan dampak banyak dari jumlah wisatawan khususnya dari area Jabodetabek ingin mencoba Whoosh ke Bandung hanya untuk wisata kuliner saja," katanya dia.

Baca Juga: Resmi Dibuka, Summarecon Mall Bandung Diharap Bisa Kerek Ekonomi Kota

Baca Juga: Pemkot Bandung Segera Percantik Lapangan Supratman 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya