18 Hari Lagi Masjid Al Jabbar Bakal Diresmikan

Ridwan Kamil juga jelaskan pemberian nama Al Jabbar

Bandung, IDN Times - Masjid Raya Al Jabbar akan segera diresmikan. Tempat ibadah yang dibangun oleh Pemprov Jabar ini akan diresmikan langsung oleh Gubernur Ridwan Kamil alias Emil pada akhir 2022. Adapun semua proses pembangunan kini masih dalam pengerjaan. 

"Target akhir bulan diresmikan, sekitar 18 hari lagi, mudah-mudahan (selesai)," ujar Emil saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/12/2022).

1. Desain masjid dari rumus Al Jabar

18 Hari Lagi Masjid Al Jabbar Bakal Diresmikanantarafoto.com

Peresmian proyek tempat ibadah yang memakan anggaran hingga Rp1 triliun itu menjadi hal yang sangat penting untuk Ridwan Kamil. Sebab, nama Al Jabbar yang disematkan langsung dari usulan dirinya. Emil juga mengartikan nama masjid ini dalam dua hal.

"Ada dua hal, memang ideologi desain dari saya itu dari matematika, yaitu rumus berulang. Dan matematika ini identik dengan Al Jabar, eh nama provinsinya juga Jawa Barat (Jabar)," ucapnya. 

2. Al Jabbar banyak mengandung arti

18 Hari Lagi Masjid Al Jabbar Bakal DiresmikanGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, Emil menambahkan, penamaan Al Jabbar juga diambil dari salah satu kalimat Asmaul Husna yang memiliki arti maha besar. Sehingga banyak kecocokan dengan nama wilayah Jabar.

"Jadi ada Al Jabbar matematika, Al Jabbar Asmaul Husna yang artinya maha besar, dan Jabar-nya singkatan dari Jawa barat. Jadi itu mah sudah jodoh dari Allah SWT," kata dia.

3. Pembangunan Masjid Al Jabbar sebelumnya disebut sudah 70 persen

18 Hari Lagi Masjid Al Jabbar Bakal DiresmikanGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Emil mengatakan, pembangunan Masjid Raya Al Jabbar telah mencapai 70 persen dan akan diresmikan pada akhir 2022. Selain proyek pembangunannya, Emil juga mengatakan bahwa beberapa fasilitas pendukung lainnya, kini dalam proses pengerjaan.

"Insyaallah Desember (2022), sekitar tanggal 30 sudah diresmikan. Saat ini progresnya sudah 70 persen. Akses Tol sedang dilobi, jadi nanti ke sana bisa lewat Tol Padaleunyi, tidak lewat jalan sekarang. Intinya, ada banyak alternatif," ujar Emil, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Potret Pembangunan Masjid Raya Al-Jabbar di Gedebage

Baca Juga: Ridwan Kamil Pastikan Pembangunan Masjid Al Jabbar Rampung Akhir 2022

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya