17 Daerah di Jabar Terdampak Gempa Garut Magnitudo 6,5 

Gempa merusak rumah, fasilitas kesehatan hingga sekolah

Bandung, IDN Times - Sebanyak 17 kabupaten dan kota di Jawa Barat terdampak gempa bumi Garut magnitudo 6,5, Sabtu (27/4/2024). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat kini masih melakukan penanganan dampak setelah gempa.

"17 kabupaten kabupaten dan kota terdampak gempa bumi, dan ada 11 orang mengalami luka-luka," ujar Pranata Humas BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat, Senin (29/4/2024).

1. Kabupaten Sukabumi dan Cianjur turut terdampak

17 Daerah di Jabar Terdampak Gempa Garut Magnitudo 6,5 Instagram

Hadi mengungkapkan, dampak gempa bumi di wilayah Kabupaten Sukabumi membuat sembilan rumah rusak sedang dan delapan rumah rusak ringan dengan tujuh jiwa terdampak. Selain itu ada satu unit bangunan sekolah dan tempat ibadah yang ikut terdampak.

"Dampak di Kabupaten Cianjur, empat rumah rusak ringan, satu tempat ibadah dan sekolah terdampak. Di Kabupaten Bandung sebanyak 12 rumah rusak sedang, 39 rumah rusak ringan dan tiga orang luka-luka," jelasnya.

2. Kabupaten Tasikmalaya ada 55 jiwa terdampak

17 Daerah di Jabar Terdampak Gempa Garut Magnitudo 6,5 Sejumlah bangunan di Kabupaten Sumedang tampak rusak akibat gempa berkekuatan M6,2 di Kabupaten Garut, pada Sabtu (27/4) malam. Tim rekasi cepat segera melakukan penanganan darurat dan kaji cepat sejak dini. (Dok. BPBD Kabupaten Sumedang)

Lebih lanjut, Hadi mengatakan, di Kabupaten Garut sendiri ada 12 rumah rusak sedang dan 30 rumah rusak ringan serta 6 orang mengalami luka-luka. 21 orang terdampak, satu bangunan dan satu unit faskes terdampak.

Di Kabupaten Tasikmalaya, dikatakanya ada tujuh rumah rusak sedang dan 14 rusak ringan, 55 jiwa terdampak. Satu bangunan, satu faskes dan satu tempat ibadah terdampak. Sementara di Kabupaten Ciamis, 6 rumah rusak sedang, 40 rumah rusak ringan, 2 orang mengalami luka-luka dan satu sekolah terdampak.

"Untuk Kabupaten Sumedang, satu rumah rusak berat dengan dua orang terdampak serta satu bangunan terdampak. Di Kabupaten Subang, satu rumah rusak sedang," katanya.

3. Total ada 536 jiwa terdampak

17 Daerah di Jabar Terdampak Gempa Garut Magnitudo 6,5 Sejumlah bangunan di Kabupaten Sumedang tampak rusak akibat gempa berkekuatan M6,2 di Kabupaten Garut, pada Sabtu (27/4) malam. Tim rekasi cepat segera melakukan penanganan darurat dan kaji cepat sejak dini. (BPBD Kabupaten Sumedang)

Kemudian, untuk dampak gempa di Kabupaten Purwakarta ada tiga rumah rusak sedang dan satu rumah rusak ringan. Kabupaten Bandung Barat empat rumah rusak berat, dua rumah rusak sedang dan dua rumah rusak ringan.

Kabupaten Pangandaran satu rumah rusak berat dan empat rumah rusak ringan. Satu faskes dan satu tempat ibadah terdampak. Adapun di Kota Cimahi ada satu rumah rusak sedang dan satu rumah rusak ringan serta satu sekolah terdampak.

Kota Tasikmalaya 2 rumah rusak berat, dua rusak sedang dan 22 rusak ringan serta dua tempat ibadah terdampak.

Hadi menambahkan, di Kota Banjar ada satu sekolah terdampak. Kabupaten Bogor lima rumah rusak sedamg dan 11 rusak ringan. Kota Sukabumi satu rumah rusak sedang dan satu rusak ringan. Kabupaten Majalengka satu rumah rusak sedang dan 14 rusak ringan.

"Total keseluruhan ada 167 KK atau 536 jiwa terdampak. Selain itu ada enam fasilitas kesehatan (faskes), delapan tempat ibadah dan tujuh unit sekolah terdampak," kata dia.

Baca Juga: Korban Gempa Garut Bertambah 8 Jiwa, 110 Rumah Rusak 

Baca Juga: 7 Fakta Gempa Garut M 6,2 yang Mengguncang Beberapa Daerah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya