118.870 Lansia di Kota Bandung akan Divaksin Mulai Jumat Besok!

Vaksin sudah diterima Pemkot Bandung sejak Senin kemarin

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mulai melakukan penyuntikan vaksin Sinovac bagi lansia Jumat (26/2/2021). Hingga saat ini, sebanyak 118.870 lansia akan menerima vaksin COVID-19.

Kepala Dinkes Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, ketersediaan vaksin sudah siap dan diterima Pemkot Bandung sejak Senin (22/2/2021). Sosialisasi terhadap lansia juga saat ini masih berjalan.

"Besok distribusi vaksin ke beberapa tempat fasilitas kesehatan (faskes), Jumat insyaallah bisa jalan," ujar Ahyani saat dihubungi, Rabu (24/2/2021).

1. Data sudah ditentukan oleh pemerintah pusat

118.870 Lansia di Kota Bandung akan Divaksin Mulai Jumat Besok!Ilustrasi Menyuntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Ahyani menjelaskan, soal vaksin lansia pendataannya bersifat top down dan bottom up. Untuk top down data langsung diberikan dari pemerintah pusat pada Pemkot Bandung. Sedangkan bottom up berdasarkan link pendaftaran secara online.

"Data ini sudah clear, kita sudah cocokan dan betul, sudah benar sesuai, jadi alurnya seperti itu, bukan kita mengusulkan," ungkapnya.

2. Pendaftaran lansia bisa dibantu oleh anak dan petugas RW

118.870 Lansia di Kota Bandung akan Divaksin Mulai Jumat Besok!Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Disinggung soal keterbatasan lansia dalam mengakses online daftar suntik vaksin, Ahyani menerangkan, soal teknis bisa dibantu melalui pihak keluarga dan RW di rumah masing-masing.

"Apa bila tidak bisa isi sendiri bisa bantu anaknya, nomor telfonnya juga bisa punya anaknya oleh kader oleh RT dan RW ini melibatkan mereka juga," jelasnya.

3. Penyuntikan berdasarkan alamat faskes saat pendafatarn

118.870 Lansia di Kota Bandung akan Divaksin Mulai Jumat Besok!www.sciencemag.org

Selain itu, sejumlah lansia yang akan diberikan vaksin akan disuntik sesuai alamat faskes di pendaftaran. Ahyani bilang, berdasarkan data yang sudah diterima semua lansia sudah ditentukan akan disuntik vaksin di tempat mana saja.

"Jadi mereka (lansia) sudah memilih klinik mau ke sini mau ke faskes itu jadi sudah memilih. Sama kayak penyuntikan SDM kesehatan kemarin," katanya.

4. Penderita kanker di Kota Bandung bisa disuntik vaksin

118.870 Lansia di Kota Bandung akan Divaksin Mulai Jumat Besok!Ilustrasi vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Dokumentasi Sinovac)

Selain lansia yang disuntik vaksin, ada juga dari SDM kesehatan yang pada tahap pertama tidak lolos karena tensi darah naik dan beberapa kriteria lainnya, kata Ahyani, akan segera mendapatkan suntikan. Namun, data ini terpisah dari lansia.

"Ada peluasan kriteria, jadi yang kemarin tensi tinggi, gak boleh sekarang boleh, kemudian ibu menyusui kemarin belum boleh sekarang boleh. Kemudian, kangker kemarin belum boleh Sekar boleh," tuturnya.

Baca Juga: Ada Kolam Ikan di Stadion GBLA, DPRD: Bukti Dispora Tak Mampu

Baca Juga: Ada Kolam Ikan di GBLA, DPRD Bandung: Kalau Gak Sanggup Kelola Bilang!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya