1.100 Orang Pelayanan Publik hingga Dosen di Bandung Divaksin COVID-19

Selain dosen ada juga dari anggota Satpol PP dan Diskar PB

Bandung, IDN Times - Vaksinasi tahap II dosis pertama di Kota Bandung terus berjalan. Sebanyak 1.100 orang pelayanan publik, dosen, serta pelaku pariwisata disuntik vaksin Sinovac di Hotel El Royale, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Selasa (9/3/2021).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Rosye Arosdiani mengatakan, penyuntikan dilakukan untuk mengejar target vaksinasi tahap II.

"Ini ada berbagai unsur,seperti Satpol PP, pariwisata, kemudian dosen perguruan tinggi, PD Kebersihan, Organda, Dishub, Diskar PB, Cagar Budaya, PDAM, Dosen juga ada. Total 1.100," ujar Rosye saat ditemui di lokasi.

1. Besok penyuntikan akan terus berlanjut

1.100 Orang Pelayanan Publik hingga Dosen di Bandung Divaksin COVID-19IDN Times/Azzis Zulkhairil

Kegiatan vaksinasi dilakukan di hotel dimaksudkan untuk dapat menampung semua calon penerima vaksin. Adapun untuk penyuntikan vaksin selanjutnya akan dilakukan di tempat lainnya.

"Kita enggak menetap di sini. Besok ada lagi di hotel karang setra dengan sasaran yang lain," ucapnya.

2. Banyak penerima vaksin tidak datang tepat waktu

1.100 Orang Pelayanan Publik hingga Dosen di Bandung Divaksin COVID-19IDN Times/Azzis Zulkhairil

Kendala-kendala di lapangan dari penyuntikan vaksin masih ditemukan. Rosye bilang, banyak penerima vaksin yang belum tertib datang sesuai waktu penyuntikan. Seharusnya, hal itu tidak lagi terjadi.

"Semua sudah kita siapkan, ambulans, di setiap tindakan kita sudah ada tim, di depan ada dokter kalau ada konsul konsul screening apakah lolos atau tidak kemudian di penyuntikan juga dokter di sini ada dokter," tuturnya. 

3. Masih ada yang belum lolos screaning kesehatan

1.100 Orang Pelayanan Publik hingga Dosen di Bandung Divaksin COVID-19IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ke depan penerima vaksin akan menyasar para wartawan di Kota Bandung. Menurut dia, sampai saat ini penerima vaksin masih dipilah-pilah. Namun, ia memastikan wartawan juga akan mendapatkan hak yang sama karena banyak berinteraksi dengan orang lain.

"Yang tidak lolos tadi ada beberapa, jadi mungkin kita tunda, sampai selesai diperbaiki kesehatannya. Nanti digabung lagi. Tidak lolos ada di bawah sepuluh orang," katanya.

4. Dinkes Bandung sebut ada 9.970 orang lansia belum disuntik vaksin

1.100 Orang Pelayanan Publik hingga Dosen di Bandung Divaksin COVID-19Vaksin COVID-19 Tahap 3 telah tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (12/1/2021) (IDN Times/Maya Aulia)

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan bahwa ada sebanyak 9.970 orang pelayan publik dan lansia di Kota Bandung masih belum diberikan suntikan vaksin tahap II dosis pertama.

"Untuk pelayan publik sudah 50.55 persen, kemudian nakes sudah 48,46 persen dari target tambahan yang harus diselesiakan," ujar Ahyani di Balai Kota Bandung, Senin (8/3/2021).

Vaksinasi untuk lansia di Kota Bandung baru berjalan lima persen. Ahyani menuturkan, kekurangan ini akan dikejar pada minggu ini dengan berbagai upaya.

"Kalau lansia tidak dimassal, kita mulai Jumat-Minggu lalu, kita gunakan faskes jadi 50 sehari di puskesmas dan 150 di rumah rumah sakit, gak bisa permasalahkan, karena sebelumnya ada screening dahulu dan harus di tempat yang baik," tuturnya.

Baca Juga: Pekerja Mal di Kota Bandung Mulai Disuntik Vaksin

Baca Juga: Akhirnya! Wali Kota Bandung Oded M. Danial Akan Disuntik Vaksin

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya