105 SMKN Dapat DAK, Disdik Jabar Pastikan Semua Tepat Sasaran

Disdik Jabar justru mendapatkan apresiasi

Bandung, IDN Times - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik Bidang Pendidikan tahun 2022 untuk 105 SMK negeri yang ada di 27 kabupaten dan kota. Dana ini kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah.

Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi mengatakan, tidak ada proyek pemberian yang gagal, dari mulai perencanaan hingga pelaksanaannya berjalan dengan baik. Dari capaian itu, Disdik Jabar juga terima banyak penghargaan.

"Indikator Jabar terbaik dalam pengelolaan DAK tahun 2022 karena tidak ada satupun proyek yang gagal. Selain itu, mulai tahun ini Disdik Jabar juga menerapkan konsep swakelola dengan pihak sekolah," ujar Dedi melalui keterangan resmi, Kamis (30/12/2022).

1. Alokasi dana langsung diberikan ke sekolah

105 SMKN Dapat DAK, Disdik Jabar Pastikan Semua Tepat Sasaran(Istimewa)

Dalam perjalanannya, Disdik Jabar mencoba untuk mengubah budaya penunjukan atau lelang dalam pelaksanaan pemberian alokasi dana. Sehingga, penyerapan anggaran dari dana ini berjalan dengan sangat baik, karena penyerapannya langsung ke pihak sekolah.

"Kami lakukan perubahan disentralisasi anggarannya langsung ke sekolah, tepat waktu pekerjaan, hasil pekerjaan lebih bagus, termasuk juga penyerapan anggarannya lebih bagus," ungkapnya.

2. Sekolah diminta mengisi Dapodik

105 SMKN Dapat DAK, Disdik Jabar Pastikan Semua Tepat Sasaran(Istimewa)

Dedi menambahkan, dari 105 SMKN yang mendapatkan DAK, masing-masing sekolah menerima berbagai macam item sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Data ini, lanjut dia, menjadi rujukan sarana-prasarana apa saja yang dibutuhkan oleh pihak sekolah.

"Saya sampaikan kepada sekolah-sekolah untuk penuhi data Dapodik guna mengusulkan program pembangunan. Jadi pada saat sekolah meng-input sarana-prasarana masih kurang, itulah yang akan kita masukkan," katanya.

3. Disdik Jabar banyak raih penghargaan

105 SMKN Dapat DAK, Disdik Jabar Pastikan Semua Tepat SasaranKadisdik Jabar sekaligus Ketua Devisi Percepatan Vaksinasi Jabar, Dedi Supandi (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Program DAK untuk 105 SMKN di Jabar berhasil terlaksana 100 persen. Jabar mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikudristek) sebagai provinsi dengan pengelolaan DAK fisik Bidang Pendidikan terbaik se-Nasional.

Ada enam item pembangunan dalam pelaksanaan DAK ini, dari mulai pembangunan ruang kelas baru, ruang praktek siswa, rehab ruang kelas, toilet, ruang perpustakaan, dan laboratorium, masing-masing dengan pengadaan peralatannya.

Peresmian program-program DAK pada SMK dilaksanakan bersamaan dengan puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia), yang digelar di SMKN 1 Jatiluhur Purwakarta, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga: Dugaan Pungli SMAN 3 Bekasi, Disdik Jabar Ingatkan Sanksi

Baca Juga: Disdik Jabar Tambah Wilayah Zonasi untuk PPDB 2022 Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya