100 Pengusaha Kuliner Adu Nikmat Hidangan di Depan Wali Kota Bandung

Pemenang akan dibantu memasarkan produknya

Bandung, IDN Times - Ratusan pengusaha kuliner yang telah diseleksi oleh Bandung Economic Empowerment Centre (BEEC), melakukan "unjuk rasa” menghidangkan menu andalannya di Pendopo Kota Bandung, Senin (11/11) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial turut hadir dan menyempatkan diri berkeliling untuk mencicipi sekaligus memberikan penilaian kepada para peserta Ujuk Rasa tersebut.

Oded sapaan akrab Wali Kota Bandung itu mengatakan, seluruh peserta yang mendapat penilaian bagus akan dibantu memajukan usaha oleh BEEC dan juga Bank Bandung.

"Ini seleksi nanti yang bagus akan dibantu BEEC untuk market dan promosinya. Kita bantu pemasaran dan ditambah oleh Bank Bandung untuk permodalan, karena mereka sudah bagus," ujar Oded berdasarkan rilis yang diterima IDN Times Jabar, Selasa (12/11).

1. Ada 300 pengusaha tapi yang dipilih hanya 100 peserta

100 Pengusaha Kuliner Adu Nikmat Hidangan di Depan Wali Kota BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Oded menegaskan, sebelum terpilih 100 peserta, ada sekitar 300 peserta lain yang sebelumnya sudah mendaftar. Namun berhungung tempat tidak memungkinkan. Makan cukup dipilih 100 peserta yang berhak memberikan hidangan paling nikmat tersebut.

"Kemarin yang sudah diseleksi 300, tapi saya minta 100 (pengusaha) saja yang di sini. Karena kalau di sini (Pendopo) tidak muat. Sisanya, nanti bulan depan. Jadi mereka juga harus dapat giliran," ungkapnya.

2. BEEC diklaim masuk program Bandung Unggul

100 Pengusaha Kuliner Adu Nikmat Hidangan di Depan Wali Kota BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Oded menjelaskan, pada awalnya BEEC merupakan wujud program rancangannya bersama Yana Mulyana dalam menciptakan visi Bandung Unggul. Bandung Unggul adalah misi untuk pemberdayaan sumber daya manusia Kota Bandung yang berkualitas, dalam hal ini lebih spesifik pada sektor ekonomi.

"Saya ingin membentuk sebuah komunitas yang dapat mewujudkan visi saya Bandung unggul, selebihnya nyaman, sejahtera dan agamis dan ini sekarang sudah ada BEEC. Kemarin pelatihan energi terbarukan dan lampu hemat energy, sekarang di kuliner," tuturnya.

3. BEEC akan mengakomodir sektor bidang kepemudaan lainnya

100 Pengusaha Kuliner Adu Nikmat Hidangan di Depan Wali Kota BandungIDN Times/Azzis Zulkhairil

Sementara itu, Ketua BEEC, Ujang Koswara alias Uko menyatakan, komunitas dari sektor lainnya juga bakal segera diakomodir. Misi utamanya yakni meningkatkan produktivitas masyarakat Kota Bandung, khususnya bagi para pemuda.

"BEEC mengajak warga Bandung sebagai pemain bukan hanya penonton. Bagaimana kita menciptakan budaya produktif bukan hanya konsumtif. Pemuda Bandung mempunyai hasil karya yang diapresiasi oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata Uko.

4. BEEC bekerja sama dengan pihak swasta

100 Pengusaha Kuliner Adu Nikmat Hidangan di Depan Wali Kota BandungIDN Times/Yogi Pasha

Lebih lanjut, Uko mengatakan, dalam kesempatan Unjuk Rasa, BEEC juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT. Hipo Bisnis Manajemen (HBM) untuk menampung hasil karya BEEC. Saat ini, PT. HBM sudah memesan 5.000 buah lampu Listrik Mandiri Rakyat (Limar).

"Untuk memenuhi pesanan 5.000 buah tersebut setidaknya membutuhkan 200 orang SDM untuk membuatnya," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya