Tersangka Penusukan Mahasiswa Unpad Hingga Tewas Ditangkap Polisi

Pelaku merupakan teman korban sediri yang emosi dan kecewa

Kabupaten Bandung, IDN Times – Setelah serangkaian proses penyelidikan dan pengumpulan alat bukti yang dilakukan oleh kepolisian, terkait kasus penusukan salah satu mahasiswa Universitas Padjajaran (UNPAD) berinisial CAW (23 tahun) yang berujung pada kematian, akhirnya tersangka berhasil ditangkap Satreskrim Polresta Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo mengatakan, pada Jum’at (11/11/2022) tepatnya sekira pukul 14.30 WIB seorang pelaku berinisial FA (24) warga Jl. Marga Mekar, Kelurahan Margasari, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung ditangkap di rumah milik orangtuanya.

“Kami mengamankan tersangka di rumah orangtua tersangka. Tersangka mencoba menghilangkan barang bukti motornya, dan senjata tajamnya, namun berhasil kita amankan barang buktinya, berupa sepeda motor, senjata tajam dan jaket ojek online yang dibeli secara online,” ujar Kusworo saat konferensi pers di Makopolresta Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (12/11/2022).

1. Pelaku tega lakukan penusukan hingga korban tewas karena tersulut emosi dan kecewa

Tersangka Penusukan Mahasiswa Unpad Hingga Tewas Ditangkap PolisiIDN Times/Aris Darussalam

Kusworo menuturkan, berdasarkan pendalaman kepolisian dan pengakuan tersangka AF, akhirnya terkuak motif penusukan yang berujung pada hilangnya nyawa korba. Alasannya, tak lain karena pelaku sempat tersulut emosi dan kecewa usai mengetahui korban berupaya menyebarkan foto-foto milik tersangka yang bersifat pribadi.

“Adapun motif pelaku pembunuhan ini adalah tersangka sakit hati dan kecewa terhadap korban. Korban berupaya menyebarkan foto-foto milik tersangka, sehingga tersangka merasa marah dan kecewa,” tutur Kusworo.

Diketahui pula ternyata pelaku sebelumnya telah merencanakan tindakan penyerangan terhadap korban. Kusworo mengatakan bahwa AF masuk ke dalam rumah pura-pura mengantarkan paket, supaya bisa berada di dalam rumah tanpa ada gangguan.

“Setelah ada di dalam rumah, tersangka langsung mengeluarkan pisaunya, dan menusukkan beberapa kali ke leher korban. Tersangka langsung melarikan diri. Korban sebenarnya masih bisa berinteraksi dengan para saksi, meski kemudian dinyatakan meninggal dunia sesampainya di rumah sakit," kata Kusworo.

2. Peristiwa dan indentias pelaku terungkap atas bantuan informasi warga

Tersangka Penusukan Mahasiswa Unpad Hingga Tewas Ditangkap PolisiIDN Times/Aris Darussalam

Terungkapnya kasus tersebut, berawal dari adanya infomasi pada Jumat (11/11/2022) sekira pukul 09.30 WIB. Ketika itu, polisi mendapat kabar adanya pria berinisial CAM (23) seorang mahasiswa UNPAD tewas bersimbah darah dengan luka tusuk di bagian tubuh, di kediamannya yang terletak di Komplek Gading Tutuka, Kabupaten Bandung.

Terkait indentitas pelaku yang berhasil diungkap, Kusworo menjelaskan bahwa polisi dibantu masyarakat yang melapor telah melihat sepeda motor dan jaket ojek online yang digunakan pelaku.

"Kemudian terdengar suara teriak-teriak minta tolong sehingga warga menghampiri. Ternyata memang benar itu merupakan tersangka yang keluar dari rumah korban, dan menaiki sepeda motornya untuk keluar dari pada Komplek Gading Tutuka,” ujar Kusworo.

3. Tersangka kini terancam hukuman mati atau kurungan penjara seumur hidup

Tersangka Penusukan Mahasiswa Unpad Hingga Tewas Ditangkap PolisiIDN Times/Aris Darussalam

Atas perbuatannya, tersangka FA dijerat dengan Pasal 340 tentang pembunuhan berencana, subsider Pasal 338 pembunuhan dan atau Pasal 351 ayat 3 penganiayaan yang mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang.

"Tersangka diancam dengan pidana penjara maksimal hukuman mati atau seumur hidup," kata Kusworo.

Baca Juga: Pemuda Bandung yang Tewas Ditusuk di Rumahnya Ternyata Mahasiswa Unpad

Baca Juga: Pemuda Bandung yang Tewas Ditusuk di Rumahnya Ternyata Mahasiswa Unpad

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya