Soal Bela Negara, Ma'ruf Amin Minta Komcad Lebih Inovatif

Seluruh warga negara memiliki kewajiban bela negara

Kab. Bandung Barat, IDN Times - Sebanyak 2.974 personel Komponen Cadangan (Komcad) tahun 2022 telah dikukuhkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di lapangan Pusdiklatpassus, Kopassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Ma'ruf Amin mengatakan, seluruh warga negara memiliki kewajiban dalam bela negara guna ikut serta terlibat dalam mempertahankan dan menjaga kedaulatan wilayahnya. Oleh karena itu, menurutnya negara saat ini telah menyiapkan urusan ketahanan dan akan terus dilakukan dalam beberapa tahun ke depan.

"Sekarang ini komponen cadangan baru dua angkatan, baru 13 batalion dari targetnya 40 batalion. Makanya akan terus ditambah," ujar Ma'ruf Amin kepada wartawan, di lapangan Pusdiklatpassus, Kopassus Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (08/9/2022).

1. Para personel Komcad harus siap sedia apabila negara memanggil

Soal Bela Negara, Ma'ruf Amin Minta Komcad Lebih InovatifSumber Foto : Humas Pemkab Bandung Barat

Ma'ruf Amin pun mengatakan, para personel Komcad usai dilatih dan ditetapkan akan dikembalikan ke lingkungannya masing masing. Namun, apabila negara membutuhkan, mereka harus siap kapan saja untuk diterjunkan.

"Komcad harus selalu siap kapan saja dan bisa digerakan sewaktu waktu, utamanya dalam menghadapi kejadian bencana yang bisa terjadi kapan saja," tutur Ma'ruf Amin.

2. Desain kurikulum pelatihan Komcad diminta dikembangkan

Soal Bela Negara, Ma'ruf Amin Minta Komcad Lebih InovatifSumber Foto : Humas Pemkab Bandung Barat

Ma'ruf Wapres menuturkan ke depannya pelatihan pertahanan Komcad agar didesain dalam perspektif yang lebih luas dan berkembang lagi. Misalnya, ia menyarankan adanya penggabungan sekolah pertahanan konvensional dan ancaman non tradisional.

"Pertahanan modern juga mengutamakan teknologi informasi dan komunikasi serta peralatan canggih berbasis digital, sehingga perlu dimasukkan di dalam kurikulum pelatihan," ujar Ma'ruf Amin.

3. Peran dan fungsi Komcad perlu disadari secara kolektif oleh masyarakat

Soal Bela Negara, Ma'ruf Amin Minta Komcad Lebih InovatifSumber Foto : Humas Pemkab Bandung Barat

Demi membangun kesadaran kolektif masyarakat terkait pentingnya peran dan fungsi Komcad, Ma'ruf Amin mengatakan, narasi optimistik kepada publik perlu dikembangkan.

"Sehingga muncul kesadaran kolektif seluruh anak bangsa untuk ambil bagian dalam upaya bela negara yang bisa diwujudkan dalam berbagai bentuk," kata Ma'ruf Amin.

4. Proses pemahaman bela negara dinilai perlu diiringi terobosan

Soal Bela Negara, Ma'ruf Amin Minta Komcad Lebih InovatifIlustrasi logo Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad) (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain itu Ma'ruf Amin mengatakan, pemahaman soal bela negara pada generasi muda harus dilakukan dengan terobosan yang inovatif, pelatihan yang kreatif, dan kekinian. Ia menuturkan, hal itu penting agar bela negara bisa efektif serta menjangkau berbagai kelompok.

"Bagi yang telah ikut pelatihan, anggota Komcad harus tetap menjaga mandat dan terus menjadi inspirasi bela negara bagi masyarakat," tutur Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Subsidi BBM Tak Tepat Sasaran dan Diganti BLT

Baca Juga: Mengenal UU Bela Negara, Ini Penjelasannya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya